Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe STAD Menggunakan LAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Rini Ramadhani, Rizka Fahruza Siregar

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dengan  menerapkan Model Pembelajaran kooperaiif tipe  STAD menggunakan LAS pada materi SPLDV dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Pembangunan Galang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LAS materi SPLDV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes uraian sebanyak 10 butir soal. Sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbatuan LAS, maka dilakukan tes kemampuan awal siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa sebelum tindakan.

Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil kemampuan awal siswa diperoleh sebanyak 7 siswa (23,33%) hasil belajar nya tuntas sedangkan sebanyak 23 siswa (76,67%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 34,20. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I  dikelas diperoleh sebanyak 19 siswa (63,33%) yang hasil belajarnya tuntas sedangkan 11 siswa (36,67%) hasil belajar nya belum tuntas dengan nilai rata-rata 65,2. Kemudian pada siklus II, sebanyak 28 siswa (93,3%) yang hasil belajarnya tuntas sedangkan 2 siswa (6,67%%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 91,2.

Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kemampual awal siswa, siklus I, dan siklus II. Kemudian berdasarkan criteria ketuntasan klasiikal maka pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal meningkat. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan penerapan model pembelaaran koopeeatif tipe STAD dengan berbantuan lembar aktivitas siswa dapat digunakan untuk meninggaktakn hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Lembar Aktifitas Siswa, Hasil Belajar

 

 


Full Text:

PDF

References


E. DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Hariwiaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta : Tugupubliser.

Herman Hudojo. 1988. Mengajar Matematika. Jakarta : Delia Press.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.