PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN TEKNIK ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TRANS MUARA MEGANG

A. Ridwan, Eka Lokaria, R.Angga Bagus Kusnanto

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran Adobe Flash dengan teknik Ice Breaking pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Trans Muara Megang serta untuk menghasilkan media pembelajran yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh 3 validator menunjukan bahwa media Adobe Flashmemenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 3,4. Sedangkan hasil analisis penilaiaan lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari one to one dan small group diperoleh bahwa media adobe flash telah memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,03 sehingga dapat disimpulkan bahwa media Adobe Flashmemenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, 4D, Adobe Flash, IPA

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Oktavian, Riesky, & Aldya, Fitria, Riantina. (2020). Integrasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3 (1) Hal:40-46

Samatowa, Usman. (2018). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Wurjani, dkk.2019. Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa.Jurnal Of Basic Educations Studies. Vol.2 (1) Hal:68-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.