PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI KARANG JAYA

Nika Ardila, Ira Miyarni Sustianingsih, Yeni Asmara

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament   terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X  di SMA Negeri Karang Jaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang akan digunakan berbentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 92 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan X IPS 3 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament  dengan materi pembelajaran Sejarah Kehidupan Kerajaan Kutai Bercorak Hindu-Buddha di Indonesia dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan metode konversional. Dapat dilihat hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 44,4 dan post-test sebesar 80,73 sedangkan hasil rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar  42,13 dan post-testsebesar 45,38. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuntitatif dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS Versi 2022. Dari hasil analisis data tes akhir di peroleh nilai Sig= 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, 0,000 < 0,05 maka  ditolak dan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament  dan metode konversional pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri Karang Jaya.

 Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Semarang: Unisula Press.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka.

Budiyanto, Krisno Agus. (2016). Sintak 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning SCL. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hardani,dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Prastowo,Andi. (2016). Memahami Metode-Metode Penelitian.Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. (2012). Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Rajagrafindo Presada.

Rulianto,dkk. (2018).Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter.Jurnal Ilmu Sosial, 4.3,131-132.

Susanto, Heri. (2014). Pembelajaran Sejarah .Yongyakarta: Aswaja.

Sayomukti, Nurani. (2015). Teori-Teori Pendidikan. Yongyakarta:Ar Russ Media.

Syahrum, dkk. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif,Kualtatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.