PENGARUH PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 9 PADANG

Rilung Dira, M Nursi, Pebriyenni Pebriyenni

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn terhadap pengembangan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang. Jenis  penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner, wawancara serta dokumentasi kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn terhadap pengembangan karakter disiplin siswa. Teknik analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini 282 orang siswa SMA Negeri 9 Padang Kelas XI, dengan sampel 15% dari populasi yaitu 42 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengembangkan karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang. Hal ini terlihat dari hasil hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS dan menunjukkan Thitung > Ttabel, dengan nilai Thitung sebesar 11,484 dan nilai Ttabel sebesar 1,684 pada taraf nyata signifikan 0,05. Nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,363 dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,131 hal ini berarti bahwa pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengembangkan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang sebesar 13,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap pengembangan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang.

 

Kata-kata kunci: Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Disiplin,

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fauzi, Fadil Yudia., Arianto, Ismail., & Solihatin, Etin. 2013. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online. Vol 1 (2).

Hasanah, A. 2012. Pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada masyarakat minoritas (Studi atas kearifan lokal masyarakat adat suku Baduy Banten). Analisis Jurnal Studi keislaman. Vol XII(1), hal 209–228

Juliardi, Budi. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. Vol 2 (2). hal 119-126

Kemdikbud. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Retrieved from https://www. kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-penddidikan-nasional

Kemendikbud. (2016). Pembelajaran Dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasahaliyah Kejuruan (Sma/Smk/Mak). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Lickona, T. (2012) Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media

Rahmat, Nur., Sepriadi., & Daliana, Rasmi. 2017. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP. Vol 2(20. Hal 229-244

Samani, M.H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sriyanto., Leksono, Ibut Priono., & Harwanto. 2019. Bahan Ajar PPKn Berbasis Karakter dan Literasi untuk Siswa Kelas IX SMP Al-Hikmah Surabaya. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol 4 (2). hal130-143

Suyanto. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Mandikdasmen Depdiknas. http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html

Watson, M. (2014). Handbook of moral and character Education. New York and London: Routledge Taylor and Francis Group

Winarno. 2015. Integrasi nilai karakter dalam materi pembelajaran PPKn di SMA. Prosiding Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter. Surakarta, hal 353-364

Wuryandani, Wuri., Maftuh, Bunyamin.,Sapriya., & Budimansyah, Dasim. 2014. Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 33(2). Hal 286-295

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter:Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.