SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN KOTA SOLOK

Suryadi Fajri, Nisa Ulaini, Heri Effendi, Siti Aisyah, Muslim Muslim

Abstract


Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Virus corona 2019 (covid 19) yang menyebar di Indonesia pada awal maret dengan sangat pesat. Hal ini berdampak terhadap pendidikan yang menyebabkan pembelajaran berubah secara drastis, pembelajaran yang awalnya dilakukan dalam kelas ssecara tatap muka dipindahkan menjadi pembelajaran daring. Namun, penyebarannya yang semakin menurun memberikan harapan bagi lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas.Hal ini berarti lembaga pendidikan dapat melakasanakan pembelajaran kombinasi antara tatap muka dikelas dengan pembelajaran online (Blended Learning). Pembelajaran seperti inilah yang diterapkan di MAN Kota Solok.

Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni untuk mengetahui bagaimana Evaluasi Sistem Blended learning pada pembelajaran Sejarah di MAN Kota Solok.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penilitian Kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan diperoleh bahwa dalam proses Evaluasi pembelajaran sistem blended learning pada pembelajaran sejarah.

Kata-kata kunci: Evaluasi, Blended Learning, Pembelajaran Sejarah.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Usman. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnalisa, 4(1), 136-150

Wardani, D.N., dkk. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120-134.

Apriliya Rizkiyah. Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol 1 Nomer 1/JKPTB/15 (2015).

Husamah H. 2014. Pembelajaran bauran Blended Learning. (Malang.Prestasi Pustaka.

I Ketut Wadiara. Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di era digital: Purwadita. Vol 2. September 2018.

Izuddin Syarif. Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Smk. Smk N 1 Paringin. Balangan. jurnal pendidikan vokasi. vol 2. nomor 2. juni 2012

Widiara, I.K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50-56

Jela Nurhayati. Jayusman. dan Tsabit Azinar Ahmad. Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education. Vol. 6 No. 1 Tahun 2018

Nana Sudjana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rusman Kurniawan D.. & riyana C.2012.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Siti Nurdianti. 2016. Mata Pelajaran Sejarah SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Diakses pada Sobri Sutikno.2009.Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil.Bandung: Prospect.

Wasis D. Dwiyogo. Pembelelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2018

Widja. 2002. Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. (Yogyakarta:

Yetty Rahelly.2015.Media Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013. Jurnal Criksetra. Vol. 4. No. 7. Februari

Zahro. M. Sumardi. & Marjono (2017) The Implementation Of the Character Education in History Teaching.( Jurnal Historic


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.