PERAN GURU DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 2 TUALANG KABUPATEN SIAK

M. Yuda Wahidin, Sumarni Sumarni

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan instrumen  quesioner, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 16 guru perwakilan bidang studi di SMA Negeri 2 Tualang. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru  menjadi penyalur aspirasi siswa jika terdapat kendala.  Selalu memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memproses siswa yang bermasalah secara baik dan benar. Guru memberikan materi pembelajaran yang mudah dipahami dan memberikan latihan yang mudah untuk di kerjakan siswa. Guru selalu menggunakan media/aplikasi yang bisa di akses seluruh siswa, menerima tugas yang telah di kirim siswa walaupun tidak disiplin waktu, mencari sumber belajar yang cocok dengan pembelajaran jarak jauh, dan mempersiapkan rancang pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Faktor pendukung  efektifitas pembelajaran jarak jauh adalah tersedianya alat komunikasi fasilitas yang disedikana orang tua siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksankan peran dengan baik. Tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

Kata-kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Guru

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146

Dwi, A., & Prestia, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) “Prospek Pendidik

Emzir.2011. Analisis Data Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Mulyasa, E. 2014. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan.Padang: Akademia Permata.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1, May 2020

Oktavian, R., Riantina Fitra Aldya. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17.

Sardiman, A.M. 2012 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.