PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMKN 1 PADANG PANJANG

Fitri Yenti, Pebriyenni Pebriyenni

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian  adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas (268 Orang Siswa). Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design.  Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu kelas XI BDP.1 dan kelas XI BDP.2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 orang. Kelas XI BDP 1 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakukan yaitu pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, dan BDP2 merupakan kelas control dengan pembelajaran konfensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t, statistik menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 3,035 dan nilai  ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HI diterima dimana terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang.

 

Kata-kata kunci: Problem Based Learning, Pendidikan Kewarganegaraan, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dirman, dkk. 2014. Penilaian Dan Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fahurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Farra, S 2015, Development of An Assessment Instrument to Evaluate Performance of The Skill of Decontamination, Nurse Education today, PP 1016

Lubis, dkk. 2018. Buku Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pebriyenni. Muslim & Sumarni (2021). Validity of Assessment Instruments Based on Higher-Order Thingking Skill on Learning Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Budapest International Research and Critical Institute (BIRCI- Journal). Vol. 4 No. 4

Sani, Ridwan Abdullah, dkk. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suardi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu

Syamsiara, Nur, dkk. 2016. Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadapa Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik Vol.2 No. 2,Juli 2016.

Wibowo, Arif Prasetyo dan Wahono, Margi, (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.