PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN JAMBOARD
Abstract
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui media pembelajaran powerpoint dan jamboard. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan. Kelas eksperimen-1 diberi pembelajaran melalui media powerpoint dan kelas eksperimen-2 diberi pembelajaran melalui media jamboard. Analisis yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang diberikan pembelajaran melalui media powerpoint dengan jamboard.
Kata-kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematik, Powerpoint, Jamboard.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Bansu, Ansari. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi.Banda Aceh : Pena.
Catur, Hadi. (2009). Modul Pengembangan ICT. Jakarta: Citra Medika
Hadi, Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Tasikmalaya :Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rosidah, Ati. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Interaktif Selama Pembelajaran Jarak Jauh. PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta.
Rusman, Riyana, dan Kurniawan. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sugianto, Armanto, dan Bangun. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika 1(1).
Sugiyarto, Wulandari, dan Casworo. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator 8(2). DOI : 10.37301/jcp.v0i0.44
Sulistyaningrum, Hidayati, Sutama, dan Desstya. (2021). Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu 5(5). DOI : 10.31004/basicedu.v5i5.1296
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia pada Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Jurnal Matematohir Scientific Publishing. DOI:10.17605/OSF.IO/8Q9VY
UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.