PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN JAMBOARD

Hetty Elfina, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui media pembelajaran powerpoint dan jamboard. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan. Kelas eksperimen-1 diberi pembelajaran melalui media powerpoint dan kelas eksperimen-2 diberi pembelajaran melalui media jamboard. Analisis yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang diberikan pembelajaran melalui media powerpoint dengan jamboard.

 Kata-kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematik, Powerpoint, Jamboard.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bansu, Ansari. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi.Banda Aceh : Pena.

Catur, Hadi. (2009). Modul Pengembangan ICT. Jakarta: Citra Medika

Hadi, Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Tasikmalaya :Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rosidah, Ati. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Interaktif Selama Pembelajaran Jarak Jauh. PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Rusman, Riyana, dan Kurniawan. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sugianto, Armanto, dan Bangun. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika 1(1).

Sugiyarto, Wulandari, dan Casworo. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator 8(2). DOI : 10.37301/jcp.v0i0.44

Sulistyaningrum, Hidayati, Sutama, dan Desstya. (2021). Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu 5(5). DOI : 10.31004/basicedu.v5i5.1296

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia pada Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Jurnal Matematohir Scientific Publishing. DOI:10.17605/OSF.IO/8Q9VY

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.