PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III

Tyas Indah Rohmadillah, Danang Prastyo, Susi Hermin Rusminati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis, tetapi masih banyak terdapat peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Masih terdapat peserta didik yang masih kurang aktif dan berpikir kritis. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diberikan sebuah perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Penelitian ini menggunakan cluster sampling. Sampel yang diambil adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen, dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Masing-masing jumlah peserta didik di kelas III A dan III B memiliki jumlah yang sama sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes berupa soal tes uraian Dari hasil data yang telah diperoleh pada hipotesis uji-t independent samples test memperoleh hasil  Sig.(2-tailed) Sig ,000 ≤ ,05 dapat disimpulkan bahwa penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh pada hasil belajar peserta didik 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis HOTS


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Budhi, S. R. S. dan W. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri ( the Influence of Inquiry Learning Model on Result Learning Ipa Be Reviewed From Student Learning Independence )". 4(2), 34–40.

Lestari Dewi, Narni;Nyoman Dantes, I. W. S. (2013). "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar". Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013), 17(1), 41–47.

Pane, A. (2017). "Belajar dan Pembelajaran". Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352.

Setiawan, A. R. (2019). "Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik". Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Sugiyono, P. D. (2018). "Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Alfabeta.

Supardi. (2017). "Statistik Penelitian Pendidikan". Rajawali Pers.

Zainal. (2018). "Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013". Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.