PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LUBUKLINGGAU

Ria Mayasari, Andriana Sofiarini, R.Angga Bagus Kusnanto

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan media pembelajaran jam sudut yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media jam sudut pada materi sudut dan pengukurannya memenuhi kriteria validitas tinggi dengan rata-rata skor 0,85. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari kelompok kecil (small group) 6 orang siswa dan kelompok besar 20 orang diperoleh bahwa media jam sudut memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 92%, dan hasil analisis efektifitas menunjukkan bahwa setelah melakukan posttest diperoleh ketuntasan hasil belajar 73% dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, Model 4D, Media Jam Sudut, Matematika.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hamzah. A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Literasi Nusantara Abadi.

Komara. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. PT. Refika Aditam.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Mangelep, Navel Oktaviandy, D. F. K. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasrkan Kerangka Teori Program For International Students Assesment: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466.

Mawartiningsih, L., & Sholikah, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) the. Jurnal Edusains, 10(1), 120–126.

Mayasari, N., Junarti, Puspananda, D. R., & Amin, A. K. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut Dalam Pembelajaran Matematika Di Sd. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 12–26.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru Cet. Ke-1. GP Press Group.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Prahmana, R. (2015). Mengenal Matematika Lebih Dekat. Ruko Jambusari.

Siregar, L. R., Harlin, & Syofii, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 45.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Suharyanto, A. (2015). Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Pendidikan Dan Proses Pembudayaan Dalam Keluarga, 162–165.

Tegeh, I Made; Jampel, I. N. P. T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.

Wijayanti, I. L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Jam Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2), 861–870.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.