PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 LUBUKLINGGAU

Ririn Anjelinda, Novianti Mandasari, Armi Yuneti

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media Board Game dilihat dari segi valid dan praktis pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analasis data yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan. Data kevalidan dianalisis dengan menggunakan rumus  V =            dengan hasil 0,80 yang termasuk kategori tinggi. Data kepraktisan dianalisis dengan menggunakan rumus            100% dengan hasil 83% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Board Game dapat dinyatakan valid dan praktis dalam segi kegunaannya pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, Media Board Game, Pembelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Candra, W., & Safitri, D. (2020). JINoP ( Jurnal Inovasi Pembelajaran ). 6(November), 181–190.

Jalinus, Nizwardi, dan A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Mardyastuti, A., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–9.

Nusantara, D.B. Irawan, A. . (2012). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak SD Kelas 1. Sains Dan Seni ITS, 1, 1.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar). Studi Islam, 14, 2.

Setyanugrah, F., Setyadi, I., Desain, J., Industri, P., Teknik, F., & Sepuluh, I. T. (2017). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Kebakaran Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 8-12 Tahun Di Surabaya. 6(1), 62–68.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.