PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOARD PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR SISWA KELAS V SD NEGERI 13 LUBUKLINGGAU

Nur Sakina, Elya Rosalina, Andriana Sofiarini

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangkan media Pop Up Board dilihat dari segi valid, praktis serta efektif dari segi kegunaannya pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar kelas V SD Negeri 13 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan model pengembangan 4D. Subyek penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 21 siswa.   Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan soal yang berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Data kevalidan dianalisis dengan menggunakan rumus   dengan hasil 4,12 yang termasuk kategori sangat valid. Data kepraktisan dianalisis dengan menggunakan rumus k dengan hasil 82% dengan kategori sangat praktis. Data keefektifitasan dianalisi menggunakan rumus ketuntasan hasil belajar dengan nilai akhir 80,95 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Board dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam segi kegunaaannya pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 13 Lubuklinggau.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, Model 4D, Media Pop Up Board, Pembelajaran IPA.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alviolita, W. N. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. PBSI, 7(1), 49–57.

Jalinus, N. dan A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development. Aswaja Presindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D). Alfabeta.

Wiji, S. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. AR-RUZZ MEDIA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.