Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Di Kelas XI SMA Al-Hidayah Medan

Ahmad Rahmatika

Abstract


Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan dewasa ini lebih cenderung pada pencapaian materi atau sesuai buku wajib yang berorientasi pada soal-soal ujian nasional tanpa memperhatikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Bahkan kadang kala orientasinya lebih ditekankan pada upaya untuk mengantisipasi ujian-ujian selajutnya, hal ini mengakibatkan banyak siswa yang hanya menghafal konsep, tanpa memahami konsep tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan rendahnya komunikasi, sehingga para peserta didik tidak memahami rumus yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan alat analisis spss. Hasil yang didapatkan bahwa model pembelajaran TTW berbantuan  geogebra dan model pembelajaran biasa diperoleh Fhitung = 10,665 > Ftabel = 3,140 dan dengan sig = 0.002. Karena taraf sig lebih kecil dari 0.05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata-kata kunci: Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk and Write)


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ammy, M. P. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematik Antara siswa yang Diber iPembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Dengan pembelajaran Langsung. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Unimed Medan.

Anderson, T., Garrison, D.R., dan Archer, W. (2004). Critical Thinking, Cognitive Presence, Computer Conferencing in Distance Learning. [Online]. Tersedia: http://communityofinquiry.com/pdf. Diakses 13 Oktober 2015.

Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Depdiknas.(2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum

Dirman.(2014). Komunikasi Dengan Peserta didik.Jakarta: Rineka Cipta

Ennis, R. H ( 1996). Critical Thinking. New York: United States America

Fahmi, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Tesis : UNIMED, Tidak Dipublikasian.

Furner & Marinas. (2013). Learning Math Concepts In Your Environment Using Photography and Geogebra. Jurnal ICTCM. (Online). Tersedia: http://archives.math.utk.edu. Diakses 5 November 2015

Gaspersz, V. 1994. Metode Perancangan Percobaan untuk: Ilmu-ilmu Pertanian, Ilmu-ilmu Teknik, Biologi. Bandung: Armico

Hassoubah. (2004). Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husnaidar. 2014. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal didaktik Matematika.Vol.1, No. 1. April 2014. Hal.71-82.

Hohenwarter, Markus dan LaviczaZsolt (2007). Mathematics Teacher Development WithICT: Towards An International Geogebra Institute. Procceding of the British into Learning Mathematics, Univerity of Cambridge

Irianta, Yosal (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Juanda, (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis. Jurnal Kreano, ISSN:2006-2334. (Online) Tersedia : http://download.portalgaruda.org/article.php. Diakses 15 November 2015.

Murti, Bhisma. (2011). Critical Thinking. FK-UNS. (Online) Tersedia: http://fk.uns.ac.id/static/file.pdf. Diakses 6 Oktober 2015

National Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM. (Online).Tersedia: http://mathcurriculumcenter.org. Diakses 1 November 2015.

NCTM. (2000.) Principles and Standarts for Mathematics, Reaston, VA : NCTM

Osakwe R.N. (2009). Dimensions of Communication as Predictors of Effective Classroom,Interaction.(Online).Tersedia: Http://www.krepublishers.com. Diakses 10 Oktober 2015

Purwandari. (2013). Analisis Kemampuan Awal Matematika Pada Konsep Turunan Fungsi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bongomeme. Jurnal.(Online). Tersedia: http://kim.ung.ac.id/. Diakses 27 Oktober 2015.

Rosita, C. D, (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. (Online) Tersedia: http://download.portalgaruda.org.pdf. Di akses 10 Oktober 2015.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta

Slavin, R. E. (2003).Educational Psycology Theory :Theory and Practice Seven Edition.Massachusetts : Allyn and Bacon Publishers.

Sudjana.(2002). Metoda Statistika. Bandung :Tarsito

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhermandkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika Desember 2006 FMIPA UPI Bandung.(Online).Tersedia: yudhaanggara147.files.wordpress.com.pdf. Diakses 07 Oktober 2015.

Seweken, G. (2013). Pengintegrasian Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra Untuk Meningkatakan Keterlibatan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal ISSN :2303-288X. (Online) Tersedia : http://ejournal.undiksha.ac.id.pdf. Diakses 11 Oktober 2015.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Infiniti Jurnal Ilmiah. (Online) Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. Wahid-Umar.pdf. Diakses 11 Oktober 2015.

Wahab, R. (2009). Pembelajaran yang Efektif, Efisien dan Menarik Sesuai Dengan Perkembangan Teknologi Modern. Yogyakarta Seminar Pendidikan. (Online) Tersedia: http://staff.uny.ac.id.pdf. Diakses 18 Oktober 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.