STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP

Aidil Saputra

Abstract


Abstrak

Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru harus selalu diperbaiki agar hasil yang ingin dicapai menjadi lebih baik. Salah satu upaya dalam meningkatkan proses hasil belajar sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian, strategi berkaitan dengan rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan, Evaluasi  merupakan bagian integral dari pendidikan atau pengajaran sehingga perencanaan atau penyusunan, pelaksanaan dan pendayagunaan pun tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan program pendidikan atau pengajaran. strategi yang menjelaskan tentang komponen-komponen umum dari suatu bahan pembelajaran pendidikan agama dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama-sama dengan bahan-bahan tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif serta menggunakan pendekatan deskriptif. Bahwa secara umum hasil pelaksanakan strategi evaluasi PAI sudah berjalan dengan semestinya.

 

Kata kunci: Strategi, Evaluasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aat Syafaat, dkk, Peranan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)

Abdul majid, dkk, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004) Cet. Ke-1.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Abuddin Nata, Pesrpektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Alim Muhammad, Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Rosdakarya, 2012) Chabib dan Toha, Teknik Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja

GrafindoPersada, 2003)

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara. 1995).

Hamzah B. Uno,Model Pembelajaran Menciptakan Proses Pembelajaran yang Aktif dan Kreatif, (Jakarta : Bumi Aksara, Cet. III, 2008)

Lexy J. .Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda Karya, 2005)

Mahmud Yunus, Metode Khusus Pendidikan Agama, ( Jakarta: Hidakarya Agung, 1983)

Muh. Zaini, Pengembangan Kurikulum, (Surabaya:Elkaf, 2006)

Muhammad Athiyyah al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok Pendidikan islam , terjemahan Bustami

Abdul Ghani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang, 1987), cet ke-5. Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1991), Cet Ke-3

Ngalim Purwanto, Prinsi-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung

: Remaja Rosdakarya, 2006).

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011) Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,

(Jakarata: Bumi Aksara, 2002)

Peter.S, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Modern English)

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online, http:/

/kamusbahasaindonesia. Org/ pelaksanaan, diakses 3 November 2016

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005)

Yatim Arianto, Metode Penelitian, (Surabaya, SIC, 1996)

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan , (Jakarta: Bumi Aksara, 1992) Cet

ke-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.