PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 LUBUKLINGGAU

Yuni Septalia, Sarkowi Sarkowi, Isbandiyah Isbandiyah

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray secara signifikan tuntas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Lubuklinggau Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Secara Signifikan Tuntas?”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yang penelitiannya berbentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5 kelas yang berjumlah 162 siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII 4 sebagi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis penelitian data pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 4, VIII 6, VIII 7, VIII 8, DAN VIII 9 tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 162. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi pembelajaran IPS Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia. Dari hasil analisis data tes akhir di peroleh nilai sig = 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis

0,000 < 0,05, maka  Ho  ditolak dan Ha   diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan

bahwa Hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Penerapan, Model Two Stay Two Stray, Signifikan Tuntas


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asmidiana. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Mata Peljaran IPS Siswa SMP Negeri 2 Meureudu Pidie Jaya. Of History and Humanities. 1(2), hlm 1

Febriana, Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Harahap Malasari, dkk. (2018). Analisis Tingkat Kematangan Gonad

Triping Keling (Holoturia Atra) Di Perairan Manjangan Kecil

Karimajua. Of Maquares 7(3), hlm 264.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Manik & Guntur. (2016) Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbantuan

Multimedia Untuk Mningkatakan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS.

Haroni Sosial. 3(1), hlm 1.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hlm. (39,74,81)

Ulfa, Rafika. (2020). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan.

Pendidikan dan Keislaman. Yogyakarta: STIT BB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.