Pengembangan Perangkat Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP

Josua Pasaribu, Edi Syahputra

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis dan efektif; (2) melihat dan mendeskripsikan kevalidan, keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan untuk dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP; dan (3) melihat dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan spasial siswa SMP yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMPN 27 Medan. Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Kemampuan Spasial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes kemampuan spasail, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan spasial dapat disimpulkan pada: (i) validitas RPP sebesar 4,25 dengan kategori valid, validitas LKPD sebesar 4,18 dengan kategori valid, dan validitas tes dinyatakan valid setelah dilakukan revisi kecil. (ii) efektivitas perangkat pembelajaran dikatakan efektif, (iii) praktisitas perangkat pembelajaran adalah dilihat dari kemampuan pengelolaan pembelajaran (2) Terdapat peningkatan kemampuan spasial siswa dari uji coba I ke uji coba II yang dinilai dari pre-test dan post-test.

Kata Kunci : Perangkat pembelajaran interaktif, pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran matematika realistik, kemampuan spasial.                                                     


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Suparno, P. (2002). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Perdana Publishing, Medan.

Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan PMRI Pada Pembelajaran Geometri Berbantuan Komputer. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Armstrong, T. (2002). 7 Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences. Jakarta: Daras Books.

Nasution. (1996). Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta: Sinar Grafika.

Gunarso, Singgih D. (1990). Dasar dan Teori Perkembangan anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Soedjadi. (2007). Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah (Seri Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru dan Orang Tua Murid). Universitas Negeri Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

Matematika.Malang: JICA, Universitas Negeri Malang.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: JICA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Barke, H. D. dan Engida, T. (2001). Structural Chemistry and Spatial Ability in Different Cultures. Chemistry Education: Research and Practice in Europe Vol 2. No 3.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Tambunan, S. M. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial dengan Kecerdasan Prestasi Belajar Matematika. Makara, Sosial Humaniora. Vol. 10, No. 1, hal: 27-32, Edisi Juni 2006.

Treffers, A. (1987). Three dimensions. Amodel of goal and theory description in mathematics education. Dordrecht, the Netherlands: Reidel.

Streefland, L. (1991). Realistic Mathematics Education in Primary school.

Freudenthal Institute: Utreeht.

Freudenthal, H. (1983). Mathematics as an Educational Task. Dordrecht: D.Reidel Publising Co.

Suparyan. 2007. Kajian Kemampuan Keruangan (Spatial Abilities) dan Kemampuan Penguasaan Materi Geometri Ruang Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Tesis, tidak diterbitkan.

Van de Walle, J. A. (2008). Elementary and Middle School Mathematics, Sixth Edition, Alih Bahasa oleh Suyono. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.