PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMPN 7 PEMATANG SIANTAR

Herlina Sianipar, Injen P Butarbutar, Bangun Munthe

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana Pengaruh kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Pematang Siantar. Jumlah sampel sebanyak 42 orang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Kompetensi Profesional Guru) dan variabel Y ( Kreativitas Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh kompentensi Prpfesional Guru Pendidkan Agama Kristen terhadap Kreativitas Belajar Siswa, maka digunakan uji statistik korelasi product moment pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,42 dengan uji determinasi sebesar 0,42 dan untuk mengetahui signifikasi tidaknya koefisien korelasi pada taraf (a) 0,5maka diadakan uji “t” (>) dari ttabel taraf signifikan 1-0,05 dengan dk = n-2 maka hipotesis diterima. Dengan demikian dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperolah thitung >(3,0>1,50), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan berpengaruh yang berarti antara Pengaruh Kompetensi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Pematang Siantar.

Kata-kata kunci: Kompetensi Profesional Guru, Kreatifitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul, Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ahmad Susanto (2016) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasi Kinerja Guru. Penerbit Prenada Media

Ali Mudlofir. dan Evi Fatimatur Rusydiyah. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers

Ananda Santoso & S. Priyanto. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Surabaya: Kartika, 1995.

Herlina Sianipar,Injen P Butarbutar & Bangun Munthe

Arikunto, Suharsimi. (1987). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

B.S. Sidjabat. (2011). Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Bangun Munthe (2021) The effect of proffesional competency of christian education teacher in strengthening students’affective value . http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/article/view/32

Barus, L. D. G., Herman., and Niswa, K. (2020). The Effect of Student Teams Achievement Divisions (STAD) to the Students’ Writing Ability on Recount Text. Journal of English Education and Teaching (JEET), Volume 4 number 4, December 2020, Page 536-547. DOI: https://doi.org/10.33369/jeet.4.4.536-547

Budiono. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bintang Indonesia Jakarta Fahrurozi Mohzana (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran :

Tinjauan Teoritis dan Praktik. Insan Institute,

Gunarsa, Singgih D, & Ny. Singgih D.G. Psikologi untuk muda-mudi.

Jakarta : Gunung Mulia, 2004.

Jeanne Ellis Ormrod.(2009) Psikologi Pendidikan Penerbit : Erlangga Kamus Besar Bahasa Indonesia.(2007) Media Pustaka Phoenix Lumbantobing, S. R. A. H., Pardede, H., and Herman. (2020). The Effect of

Herringbone Technique on the Students’ Ability in Reading Comprehension on Recount Text. Journal of English Educational Study, Volume 3, Issue 2, November 2020, Page 1-10, E-ISSN: 2655- 0776. DOI : 10.31932/jees.v3i2.656

Mudyahardjo, Redja. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa.(2009).Standar Kompetensi dan Setifikasi Guru. Bnadung:PT. Remaja Rosdakarya

Noor, Juliansyah. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Pardede, H. and Herman. (2020). The Effect of Numbered Heads Together Method to the Students’ Ability in Writing Recount Text. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Jayapangus Press, ISSN 2615-0913 (E), Vol. 3 No. 2 (2020), PP. 291-303.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rief Furchan, 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Roestiyah N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Herlina Sianipar,Injen P Butarbutar & Bangun Munthe

Rusman. (2012). Model model pembelajaran, Jakarta: PT.Raja grafindo persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (1984). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2005. Statitistika Untuk Penelitian. Bandung ; CV Alfabeta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta CV. Suryabrata,

Suharsimi Arukunto (1996) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Sumarni, Sri. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Insan Madani

Suyanto, Ph.D & Asep Djihad (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. Tahun 2005; pasal 12 Tentang SISDIKNAS.

Utami Munandar. (2009) Pengembangan kreativitas anak berbakat.

Jakarta: Rineka Cipta

Wina, Sanjaya (2008). Perencanaan dan Desain system pembelajaran.

Jakarta : Kencana Prenada Media

Wollfock, (2003). Aspek-aspek kemandirian belajar. http://sitikhanah.blogspot.com/2003/01/kemandiriansiswa.html. Diakses 01 Februari 2014

Yaumi, (2014) Pendidikan Karakter : Landasan, pilar dan implementasi.

Jakarta : Predana Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.