DESAIN PEMBELAJARAN KALKULUS BERBASIS ONLINE DENGAN MODEL FINK

Afnaria Afnaria

Abstract


Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membuat kerangka pembelajaran Kalkulus yang diajarkan di tingkat universitas dengan menggunakan model Fink. Tujuan utamanya adalah untuk melibatkan mahasiswa secara aktif mempelajari materi perkuliahan walaupun dilaksanakan secara online. Pembelajaran dirancang sesuai dengan tujuan perkuliahan, persyaratan kurikuler dan penilaian, pengetahuan prasyarat, dan metode pembelajaran yang sesuai. Aspek-aspek ini memungkinkan dosen untuk menentukan apa yang akan dibahas dikelas dan bagaimana memfasilitasi pembelajaran aktif di kelas (online) dan di luar kelas (offline). Untuk mencapai tujuan belajar, mahasiswa distimulasi untuk berpartisipasi dan mengarahkan pembelajarannya sendiri guna mencapai penguasaan materi dan keterampilan tertentu. Artikel ini memberikan saran praktis dalam mendesain pembelajaran menggunakan model Fink guna meningkatkan keterlibatan dan pembelajaran mahasiswa.

Kata-kata kunci: model Fink, pembelajaran online, Kalkulus.

Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Fink, L. D. (2003a). A self-directed guide to designing courses for significant learning. University of Oklahoma, 35. Retrieved from http://finkconsulting.info/wp-content/uploads/2011/07/Fink2005SelfDirectedGuideToCourseDesign.doc

Fink, L. D. (2003b). A Self-Directed Guide to Designing Courses for Significant Learning.

Fink, L. D. (2003c). Creating significant learning experiences (1st ed.). San Francisco: Jossey Bass, Wiley Company.

Froyd, J., & Simpson, N. (2000). Student-Centered Learning Addressing Faculty Questions about Student- centered Learning What is meant by Student-centered Learning ( SCL )? Science Education, (1997).

Hanifah. (2013). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS IIBERDASARKAN TEORI APOS APOS (Aksi, Proses, Objek Dan Skema)MPK-APOS. In International Conference Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Huber, M. T., & Hutchings, P. (2004a). Integrative Learning.

Huber, M. T., & Hutchings, P. (2004b). Integrative Learning: peerReview, 7(4), 2008. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED486247.pdf

Hurley, J. f., Koehn, U., & Gantner, S. . (1999). Effects of Calculus Reform: Local and National. American Mathematical Monthly, 196(9), 800–811.

King, K. P. (2002). Educational technology professional development as transformative learning opportunities. Computers & Education, 39, 283–297. http://doi.org/10.1016/S0360-1315(02)00073-8

MacPhail, A. et al. (2019), “The professional development of higher education-based teacher educators: needs and realities”, Professional development in education, Vol. 45, No. 5, pp. 848-861. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1529610

Tay, H. L. (2021). Using Integrated Course Design for Flipped Classroom to Promote Active Learning of Lean Six Sigma for Supply Chains. International Journal of Management and Applied Research, 2021, Vol. 8, No. 1

The University of Utah. (2012a). A Framework for Developing Quality Course Environments. Retrieved January 12, 2015, from http://tlt.utah.edu/qcf/qcf-background/

The University of Utah. (2012b). Quality Course Framework » QCF Background. Retrieved January 1, 2015, from http://tlt.utah.edu/qcf/qcf-background/

The University of Utah. (2012c). Quality Course Framework Background.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Wawrzynski, M. R. (2004). Creating Significant Learning Experiences (review). Journal of College Student Development, 45, 105–106. http://doi.org/10.1353/csd.2004.0016

Weimer, M. (2002). Learner_Centered Teaching, Five Keys Changes to Practice. San Francisco: Jossey Bass, Wiley Company. Retrieved from http://docencia.etsit.urjc.es/moodle/file.php/80/Learner-Centered-Teaching1.pdf

Wilson, M. (2010). Making it Count : Strategies for Improving Mathematics Instruction for Students in Short ‑ Term Facilities, (August).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

https://humber.ca/innovativelearning/wp-content/uploads/2020/11/10-Principles-of-Effective-Online-Teaching.pdf {26 Des 2021}

https://teaching.uwo.ca/elearning/online_course_design/path-1-how-online-learners-learn.html {26 Des 2021}

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Cormiel & O’Neil. (2020). 12 Key Ideas: An Introduction to Teaching Online , Understanding the internet as platform. https://ecampusontario.pressbooks.pub/onlineteaching/ {26 Des 2021}


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.