PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MODELLING TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SMP NRGERI 4 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2020/2021

Feby Sukma Ningsih, Khairina Ulfa Syaimi

Abstract


Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam menunjukkan kurangnya pemahaman siswa tentang keterampilan belajar. Melalui layanan penguasaan konten dengan teknik Modelling dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang keterampilan belajar. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling yang efektif untuk memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar pada siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Hasil perhitungan uji validitas menyatakan bahwa variabel Y  35 item pernyataan yang valid dan reliabel dengan total 40 pernyataan. Diperoleh r-hitung = 0,449 dan t-tabel = 0,404 sehingga t-hitung > t-tabel maka dikatakan Valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik Modelling berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang keterampilan belajar pada siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Hal ini dapat dilihat daridata pre-test dan post-test dimana hasil dari pre-test diperoleh MO = 60,16 dan Mi = 47,5 sedangkan hasil dari post-test diperoleh diperoleh MO = 131,458dan Mi = 26,5.

Kata kunci: Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar

Full Text:

PDF

References


E. Daftar Pustaka

Adiningtiyas, S. W. (2016). Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Pendidikan, 1-10.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rhineka Cipta

Nurul Azmi Saragih, S. M. (2018). Bahan Kuliah Layanan BK. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, A. N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 413-430.

Surya, Mohammad. (1992). Psikologi Pendidikan Cetakan ke-5 (Revisi). Bandung: Jurusan PPB FIP UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.