PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP KESULITAN BELAJAR DI SMP RK DELI MURNI DELI TUA TAHUN AJARAN 2020/2021

Khairunisa Hidayati, Widya Utami Lubis

Abstract


Abstract

This study aims to: (1) To determine the effect of student creativity on learning difficulties in SMP RK Deli Murni Deli Tua. The research used is a research using a quantitative approach. The subjects of this study were 27 7th grade students of SMP RK Deli Murni Deli Tua. In this study, various instruments were used to collect data such as: (1) Student creativity questionnaire (2) Student learning difficulties questionnaire. The results of this study are (1) There is a significant influence between students' creativity on learning difficulties at SMP RK Deli Murni Deli Tua.

Kata kunci: Influence,Student Creativity, Learning Difficulties


Full Text:

PDF

References


G. DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik.Jakarta:

PT. Rineka Cipta

Azwar, Syaifuddin, 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Baron, R.A, Byrne, D. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas .2001:744. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ;Balai Pustaka

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Surakarta: Kencana.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group

Rofiuddin. (2003). Faktor Kreativitas Siswa dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa Dan Seni Tahun 31/No.2/Agustus 2003.

Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Nuraeni, (2005). Kajian Tentang Kreativitas Siswa (Ada Apa Dengan Kreativitas). Jurnal Psyco Idea ISSN : 1693-1076 Tahun 3/No.2/Juli 2005.

Wahyuni. (2009). Pengaruh Kreativitas dan Frekuensi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akutansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Surakarta: UMS.

Riana. (2010). Study Deskriptif Kualitatif Dukungan Sosial Orang Tua Pada Anak Usia SD yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Skripsi, Purwokerto: UMP.

Ghufron dan Risnawati. 2018. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Abdurrahman. (2018). Anak Berkesulitan Belajar: Teori Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Umn,Sistematika.2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Medan: UMN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.