PENGARUH MENONTON ACARA BERITA KRIMINAL DI TELEVISI TERHADAP KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS X SMK SWASTA YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Nadia Safira, Eryanti Lisma

Abstract


Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada pada siswa kela X SMK SWASTA YPI AMIR HAMZAH Medan sebagian diantara mereka masih banyak yang melakukan tindakan tidak terpuji seperti tawuran, berkelahi antar sesama dan tindakan yang tidak terpuji lainnya sehingga sehingga berpengaruh terhadap kenakalan  remaja. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui berapa tingkat pengaruh menonton acara berita criminal di televisi terhadap kenakalan remaja siswa kelas sx smk swasta amir hamzah medan tahun ajaran 2020/2021”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Amir Hamzah Medan yang berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling 25% adalah sebanyak 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian di SMK SwastaYPI Amir Hamzah Medan menggunakan perhitungan korelasi product moment kedua variabel menonton acara berita criminal di televisi (X) dan kenakalan remaja (Y). Dalam penelitian ini data yang diperoleh menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yaitu (0,942 > 0,361). Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis kerja (Hα) dalam penelitian ini ditolak. Dengan demikian kedua variabel mempunyai pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, yaitu terdapatt pengaruh menonton acara berita kriminal di televisi terhadap kenakalan remaja siswa kelas X SMK Swasta YPI Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2020/2021.  

 

Kata kunci: Menonton Acara Berita Kriminal Di Televisi, Kenakalan Remaja

Full Text:

PDF

References


E. BIBLIOGRAFI

Abdul Kholiq, (2020). Kebijikan kriminal dalam Menggulangi Kenakalan Remaja, Jurnal Pendidikan. Vol.17 (2), 2549-9661

Arikunto, Suharsimi, (2013) . Penelitian suatu pendekatan pratik. Jakarta : PT Riineka Cipta Karakter. Vol.02

Evi Jatmika. (2018). Pengaruh Persepsi Komnikasi Efektif dengan Orang tua terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja di SMA X Jarkarta. Jurnal Psikologi Ulayah. Vol 5(2), 2580-1228

Fikri Iqbal. (2013). Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan di televisi Dan Kecenderungan Agresivitas pada remaja ( studi pada siswa kelas IX Mts Negeri 1 Bangil), Jurnal Pendidikan. Vol. 2 (1)

Hastuti Dewi. (2016). Pengaruh Kelekatan Remaja dengan Ibu, Ayah, dan Teman Sebaya terhadap Kenakalan Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak

(LPKA Kelas II Bandung). Vol 9 (3), 1907-6037

Jamaludin Adon Nasrullah. (2016). Dasar-dasar Patologis Sosial. Bandung: Alfabeta

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Kartono. (214). Kenakalan Remaja. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Maliyah Elly. (2014). Kenakalan Remaja Akibat Kelompok Pertemenan siswa. Jurnal Pendidikan. Vol.41 (1)

Rina Evi Vio. (2019). Pengaruh lingkungan terhadap perilaku kenakalan Remaja sekolah di wilayah kerja puejesmas harapan Baru kota Samarinda.Vol 5(1)

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Rutra Redian Syah. (2016). Kriminalitas di kalangan remaja (studi terhadap remaja perilaku cabulan di lembaga Permasyarakatan anak kelas II B Pekan Baru). Jurnal Pendidikan. Vol.3 (1)

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Rianti Eka. (2008). Pengaruh Berita Kriminal Televisi Terhadap Kenakalan Remaja (Study Kasus Di SMP Darun Nurjati Bekasi-Utara), (SKRIPSI). FKIP, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Sugiono. (2018). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryadi. (2018). Pengaruh Tayangan Berita Kriminal Di Televisi Tehadap Perilaku Kenakalan Remaja (STUDY Desa Senaung KEC. Jambi Luar Kota KAB Muaro Jambi), (SKRIPSI). Universitas Islam Negeri Sulhan Thaha Saifuddin, Jambi

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Unayah Nunung, (2015), Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas Jurnal pendidikan. V5ol.1 (02

Willis Sofyan, (2017). Remaja dan masalahnya. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.