ANALISIS UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA NOVEL GADIS KECIL DI TEPI GAJA KARYA VANNY CHARISMA W

Agmalia Riskiana Pulungan, Rahmat Kartolo, Fita Satria

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Unsur instrinsik dan ekstrinsik pada suatu novel Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Pada Novel Gadis Kecil Di Tepi Gaza Karya Vanny Charisma W. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data adalah buku Novel Gadis Kecil Di Tepi Gaza Karya Vanny Charisma W dan buku-buku yang terkait dengan pembahasan skripsi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di dalam unsur instrinsik dan ekstrinsik memiliki banyak unsur. Macam unsur instrinsik dan ekstrinsik novel adalah sebagai berikut :Tema dalam novel ini adalah kemanusiaan, Tokoh utama dalam novel ini adalah palestina, Alur dalam novel ini menggunakan alur campuran, Latar tempat dalam novel ini adalah rumah sakit Gaza, kampung Jabaliah, pemakaman, jalur Gaza, sekolah PBB, Paris, New Dehli, Jerussalem, Rafah, Benteng pertahan Israel, penjara Maskobea, Seoul, Indonesia, kampung Al Ram, Sudut pandang dalam novel ini adalah sudut pandang oramg ketiga, Gaya bahasa dalam novel ini adalah metafora, repetisi, pleonasme, retorik, hiperbola, smilei, personifikasi, sinestesia., Amanat dalam novel ini adalah sebesar apapun masalah yag kita hadapi atau kita miliki, tetaplah percaya bahwa Allah telah menyiapkan jalan keluar dari masalah tersebut, Nilai religius dalam novel ini adalah akidah dan akhlak dan menerima ketentuan dari Allah dan perasaan yang sabar.

 

Kata Kunci : Analisis Novel, Unsur-unsur Instrinsik dan Ekstrinsik


Full Text:

PDF

References


F. Daftar Rujukan

Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta

Aminuddin.2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung Sinar Baru Algensindo.

Abrams, Antilan Purba,2014. Teori dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Azid, Rizem.2011. Mengapa Israel Begitu Kejam?. Yogyakarta DIVA Press,

Al- Hajk, Hani. 2010. Mutiara Hikmah Kekasih Rasul. Tanpa kota : Ahsan Books

http://adivancha.blogspot.co.id/2012/05/nilai-pendidikan-sastra.html diaskes pada 24 febuari 2017.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Chrisma Vanny.2011. Gadis Kecil Di Tepi Gaza. Yogyakarta Diva Press

Davonar. Agnes.2008. Novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Jakrta: Inandra Published.

Depdikbud.1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Mursini.2011. Presiasi dan Pembelajaran Sastra Anak-Anak. Medan CitaPustaka Medan Perintis.

Maxmantore,(2013),Pengertian Dokumentasi.

htpp://www.maxmantore.com/Vid/Manajemen./2013/09/ Pengertian Dokumentasi.html (diaskes 24 mei 2020)

Serni.(2013), Analisis Nilai Pendidikan

Http//serni.Nilaireligiusitas.blogspot.co.id./2013/09/Analisis-Nilai-Pendidikan(diaskes 24 April 2020)

NurgiyantoroBurhan.2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gaja Mada Unoversity Press

Purban Antilan.2014. Sastra Indonesia Kontemporer.Medan: Graha ilmu.

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif .Kualitatif Dan R&D Alfahen Bandung-2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.