PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENILAIAN TEMAN SEJAWAT SECARA DARING PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN DI STKIP KUSUMANEGARA

Iswadi Iswadi, Herinto Sidik Iriansyah

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan di STKIP Kusumanegara. Persepsi mahasiswa dibatasi pada lima aspek, antara lain: urgensi, efektivitas, keterbacaan, keterpahaman dan efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Kusumanegara yang sedang menempuh matakuliah Pengantar Ilmu Pendidikan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian prodi S1 Pendidikan Matematika terpilih menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap penilaian sejawat secara daring pada mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan

Kata-kata kunci: penilaian teman sejawat; daring;  Pengantar Ilmu Pendidikan


Full Text:

Untitled

References


G. Daftar Pustaka

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5, Article No. em0060.

https://doi.org/10.29333/pr/7937

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Iswadi & Iriansyah, H. S. (2021). Efforts to Increase Teachers' Competence of E-Learning in the Covid19 Era. Almufi Journal of Measurement,

Iswadi, Neti Karnati , & Ruknan , (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan .Aceh:CV.Bunda Ratu

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus (COVID-19)

Noorcahya, Ary Aries. (2020). Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR.

https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/11/14/penilaian-sikap-dankarakter-sulit-diterapkan-saat-bdr/

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9.2 (2018).

Wijayanti, Anita. (2017). Efektivitas SelfAssessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter

Siswa. Realita, Vol. 15(2), 1-14. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/viewFile/482/311

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Novitasari , Sukron , Achmad & Yasnantod, (2021). Persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Tidar : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.