PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

Sri Wahyuni

Abstract


Perangkat pembelajaran ssangat penting digunakan dalam pembelajaran untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penleitian ini untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang valid dan efektif disebarkan ke forum MGMP. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak dua kali pada dua kelas yang berbeda dengan materi yang sama. Hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran yang valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,07, dan LKS = 4,17; Perangkat pembelajaran yang efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; dan Persentase peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa meningkat sebesar 5,71% yaitu dari 80,00% menjadi 85,71%.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan Perangkat, Discovery Learning, Autograph, Kemampuan Koneksi.


Full Text:

PDF

References


Akker, Van den. 1999. Social Work Research and Evaluation. Third Edition. Illinois: F.E Peacock Publishers, Inc

Catley. 2013. Autograph Training Material. (Online), (http://www.autograph-maths.com/videotutorials/docs/autograph-training-material-2013.pdf, diakses 30 September 2014)

Dewi, K dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk menginkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3: 1-11

Effendi. 2008. Analisis Kualifikasi dan Kompetensi Profesi Guru serta Upaya Pengembangannya dalam Menyikapi UU Guru-Dosen. (Online), (http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/ download/297/411, diakses 6 Februari 2015)

Erly, S. 2013. Pengembangan Bahan Ajara Matematika Berbasis ICT pada Model Pembelajaran JIGSAW Materi Differensial. Fakultas MIPA. IKIP Semarang.

Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smpn 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 9 (2): 141-158

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Galian Indonesia

Indarti & Suyudi, A (Eds). 2012. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X Sman 8 Malang. (hlm 1-7), Malang.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

________. 2003. Secondary Mathematics Teachers. (Online), (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/CAEP_Standards/NCTMSECONStandards.pdf,diakses 27 November 2014).

Novi, Y. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction Pada Efektivitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI, 1(1), 1-12

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9.2 (2018).

Permendikbud no. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

____________ no. 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematik. Tesis UPI Bandung: Ti¬dak diterbitkan

Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Unesa

Sulistyaningsih. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 1(2): 2252 – 6455

Nababan, Siti Aminah, and Henra Saputra Tanjung. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11.2 (2020).

Thiagarajan, S. Semmel, D.S. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Source Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10.2 (2019).

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: IPA Abong


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.