PEMANFAATAN PLATFORM E-LEARNING DAN GOOGLE MEET PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR, BERBASIS DARING DI MASA PANDEMIK COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DI UNIVERSITAS MEDAN AREA

Mega Puspita Sari

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan efektifitas belajar mahasiswa, sejauhmana efektivitas aplikasi E-Learning dan Google Meet terhadap respon pemahaman materi mata kuliah Fisika Dasar serta efektivitas penggunaan aplikasi E-Learning dan Google Meet dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif menggunakan teknik survey. Koleksi data selama pelaksanaan penelitian ini menggunakan perangkat berupa angket dan wawancara secara online yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Teknik untuk mata kuliah Fisika Dasar sebanyak 100 orang mahasiswa yang terdiri dari 2 angkatan pada semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 79% mahasiswa menyatakan sangat setuju dalam pemahaman materi pembelajaran dengan menggunakan E-Learning dan Google Meet 75% mahasiswa menyatakan sangat setuju dalam keefektifan penggunaan aplikasi E-Learning dan Google Meet, dan 74% mahasiswa menyatakan sangat setuju dalam penggunaan aplikasi E-Learning dan Google Meet dalam pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar. Dari pelaksanaan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sudah cukup baik dan efektif di Fakultas Teknik Universitas Medan Area.

 Kata Kunci: pembelajaran Fisika Dasar, daring, E-Learning dan Google Meet, covid-19 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap

Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring.Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., Wahyuni, M.E., 2020. Utilization of Google Classroom Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika 8, 78-86.

Khasanah, D.R.A.U., Pramudibyanto, H., Widuroyekti, B., 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia 10, 41-48.

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10.2 (2019).

Kusuma, A., dan Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi E-learning. Jurnal Lahjah Arabiyah, 67-89.

Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu

Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710

Nurfalah, E., 2019. Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal 1, 46-55.

Nababan, Siti Aminah, and Henra Saputra Tanjung. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11.2 (2020).

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102– 109.

https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Syakur, A., 2020. The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal 2, 475-483.

Syakur, A., Fanani, Z., Ahmadi, R., 2020a. The Effectiveness of Reading English Learning Process Based Blended Learning through" Absyak" Website Media in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 3, 763-772.

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9.2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Widayanti, S., Hotimah, N., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48-52


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.