ANALISIS SOAL ULANGAN HARIAN PADA MATERI BAKTERI (Archaebacteria dan Eubacteria) Kelas X SMAN 5 BUKITTINGGI

Destaria Sudirman, Ennike Gusti Rahmi

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru biologi SMAN 5 Bukittinggi pada materi Bakteri (Archaebacteria dan Eubacteria) hasil ulangan harian siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 72. Randahnya hasil belajar siswa salah satu penyebabnya yaitu alat evaluasi yang dugunakan kemungkinan terlalu sulit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda pada soal uji coba pada materi Bakteri (Archaebacteria dan Eubacteria) kelas X SMAN 5 Bukittinggi tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil analisis validitas soal terhadap soal ulangan harian pada materi Bakteri (Archaebacteria dan Eubacteria) kelas X SMAN 5 Bukittinggi rata-rata validitas 0,30 soal termasuk kriteria validitas rendah, hasil analisis reliabilitas soal ulangan harian yaitu 0,75 yang termasuk kriteria reliabilitas tinggi, hasil analisis indeks kesukaran dari 50 soal terdapat 9 soal (18%) termasuk soal sukar, 32 soal (64%) termasuk soal sedang, dan 9 soal (18%) termasuk soal mudah, jadi soal ulangan ini berada pada kriteria sedang. Analisis daya pembeda diperoleh kriteria sangat jelek 7 soal (14%), kriteria jelek sebanyak 15 soal (30%), kriteria cukup 20 soal (40%), dan kriteria baik 8 soal (16%), jadi soal ulangan ini berada pada kriteria daya pembeda jelek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah soal ulangan harian pada materi Bakteri (Archaebacteria dan Eubacteria) kelas X SMAN 5 Bukittinggi tahun ajaran 2017/2018 dari segi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran telah  memenuhi kriteria soal yang baik dan daya pembeda belum memenuhi kriteria soal yang baik.

 

Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Indeks Kesukaran, Daya beda


Full Text:

PDF

References


G. DAFTAR PUSTAKA

Ambiyar. 2012. Pengukuran dan Tes Dalam Pendidikan. Padang: UNP Press.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi pemebelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto, 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi , Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta Reneka Cipta.

Hamzah, A. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada: Jakarta. Latisma. 2011. Evaluasi Pendidikan. UNP Press: Padang.

Imalasari, Kurnia. 2016. Analisis butir soal ulangan akhir semester genap kelas x Biologi tahun ajaran 2015/2016. Hlm 11.

Nurhidayah, 2013. Analisis Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas X Sma Negeri Buatan. Hlm 933.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.