PENGELOLAAN BANK SAMPAH SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (Studi Bank Sampah Kumala Tanjung Priok)

Cendra Hardiyanto, Damanhuri Damanhuri, Febrian Alwan Bahrudin

Abstract


Abstract

The study aims to describe how Kumala’s waste bank management as an ecological character development. The subject of this study is the management of the Kumala garbage banks, and the surrounding communities. The study uses a qualitative approach with a descriptive method. The data-collection techniques that are done are interviews, observations, and documentation. The data analysis used is the collecting of data, the reduction of data, the presentation of data and the drawing of conclusions. The validity of data made by testing credibility and engineering triangulation. Research found that the management of garbage done by 3R (Reduce, Reuse and Recyle) that was later developed to 5R (Reduce, Reuse, Recyle, Resale and Reshare). Ecological character development through recycling and crafting activities. The barriers to waste management and environmental character development of education, knowledge, perception, income, goverment/public character roles, and infrastructure tools. Environmental character development solutions include education about waste banks and the importance of keeping the ward clean.

 

Keywords: Waste Management, Bank Trash, and Environmental Character.


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

A. Shobri. 2014. Program Pilah Sampah Plastik, Kardus, Kertas Dalam Meningkatkan Nilai Kebersihan Siswa dan Pendapatan Sekolah di SDN Tambakaji 04, SDN Ngaliyah 01 dan SDN Ngaliyah 03. Universitas Islam Negeri Walisongo. Surabaya.

Artningsih, Ni Komang. 2008. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus di Sampangan dan Jomblang, Kota Semarang). Universitas Diponegoro. Semarang.

Bank Sampah Syari’ah. https://banksampahsyariahblog.wordpress.com/mengenal-bank-sampah/. Diakses pada tanggal 11 Desember 2020.

Dinas Lingkungan Hidup. https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/pengertian-dan-pengelolaan-sampah-organik-dan-anorganik-13#:~:text=Sampah%20organik%20adalah%20sampah%20yang,tangan%20manusia%20untuk%20dapat%20terurai.&text=Sampah%20anorganik%20adalah%20sampah%20yang%20sudah%20tidak%20dipakai%20lagi%20dan%20sulit%20terurai. Diakses pada tanggal 11 Desember 2020.

Harmanto, Huda. 2020. Kajian Sistem Pengelolaan Sampah di SDIT AR-RAIHAN Bantul. Poltekkes Jogja. Yogyakarta

H. Herianto. 2019. Kajian Teknis Pengelolaan Sampah di Kota Palangkaraya. Universitas Negeri Diponegoro. Jawa Tengah

N. Lila. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Kelas VII F SMP Negeri 1 Kecamatan Balong. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jawa Timur

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 pasal 1 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta. http://statistik.jakarta.go.id/volume-sampah-di-tpst-bantar-gebang-2018/ Diakses pada tanggal 12 November 2020.

Pratama, Rheza. 2020. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 32 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sarfiah dan Whinarko. 2017. Manfaat Bank Sampah Bagi Masyarakat Di Dusun Semali Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.

Shanty, Ayu Puspita.2015. Aspek Kognitif, Afektif, dan Behavioral Terkait Informasi Ekonomi dan Investasi di Kalangan Wakil Pialang Berjangka. Universitas Muhammadiyah. Semarang.

Wiwin, Dayuhp. 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Jetak Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jawa Timur.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.