PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DAN MODEL KONVENSIONAL

Dyan Wulan Sari HS, Roslinda Sagala

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbasis media interaktif terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 165718 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 165718 Tebing Tinggi yang berjumlah 50 siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar yang diberikan secara essay. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian ini diperoleh rerata hasil belajar yang diajarkan model pembelajaran Flipped Classroom yaitu 82,16 sedangkan rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran ekspositori yaitu 71,36. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional.

 

Kata-kata kunci: Pengaruh, Flipped Classroom, Konvensional


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas . 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 (Ayat 1), Tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Damayanti, N.H dan Sutama. (2016). Efektivitas Flipped classroom terhadap sikap dan keterampilan belajar Matematika di SMK. Jurnal management Pendidikan. Vol. 11 No : 2, 2-8

Priyatno, D. (2015). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS: Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat. Yogyakarta: Media Kom.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugiana, I.N., dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls . Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume II No 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 110.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.