PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KECEPATAN PEMAIN FUTSAL PUTRI KEBARA FC

Muflikhul Fajri, Enjang Ahmad Mustaqim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk “Pengembangan Model Latihan Kecepatan Pemain Futsal Putri KEBARA  FC” yang dapat digunakan oleh pelatih futsal sebagai referensi penyampaian model latihan kecepatan futsal pemain putri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda pada tahun 1990-an. Uji kelayakan atau uji validitas model latihan kecepatan futsal oleh 3 ahli, yaitu ahli dosen futsal, ahli motorik dan ahli kepelatihan futsal. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data uji kelayakan model latihan kecepatan adalah kuesioner atau angket dengan skala penilaian atau rating scale. Data hasil evaluasi berbentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model latihan kecepatan menggunakan alat atau media pada atlet layak digunakan sebagai pedoman latihan. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang dilakukan oleh ahli futsal, ahli analisis gerak motorik dan ahli kepelatihan futsal. Hasil akhir penilaian produk oleh ahli futsal menunjukkan bahwa model latihan kecepatan ini dinyatakan “layak diterapkan” dengan persentase kelayakan 84,2%, hasil akhir penilaian produk oleh ahli analisis gerak motorik menunjukkan “layak diterapkan” dengan persentase kelayakan 80%, dan hasil akhir penilaian produk oleh ahli kepelatihan futsal menunjukan “layak diterapkan” dengan persentase 95,7%. Dari hasil nilai rata-rata ahli futsal, analisis gerak motorik dan kepelatihan futsal menunjukan “layak diterapkan” dengan persentase 88,6% . Sehingga produk video model latihan kecepatan ini layak untuk dipergunakan oleh pelatih sebagai penyampaian model latihan kecepatan pemain futsal putri.

Kata Kunci : Latihan, kecepatan, futsal

Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Astiwi,D.A.,& Bulqini, A.(2021).Analisis Passing Control Tim Nasional Futsal Putra Indonesia Pada Pertandingan Semifinal –Final Piala Aff Championship 2019.Jurnal Prestasi Olahraga, (43).58-64

Badaru,B. (2017).Latihan Teknik Bermain Futsal Modern. Cakrawala Cendikia.

Budiwanto,S.(2012). Metodologi Latihan Olahraga. In Malang.Universitas Negeri Malang.

Diputra, R.(2015). Pengaruh Latihan Thre Cone Drill. Four Cone Drill.Dan Five Cone Drill Terhadap Kelincahan( Agility) Dan Kecepatan (Speed).Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran,1(I).41-59.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Lhaksana, J.(2011) Teknik & Strategi Futsal Modern. Be Champion.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Murhananto, (2006). Dasar dasar Permainan Futsal. Kawan Pustaka.

Sima, G M .(2017). Pengembangan Model Teknik Lanjutan Sepak Bola Untuk Usia 13-14 Tahun

Mardhatillah, M., & Tanjung, H. S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Crossword Puzzle Terhadap Keterampilan Sosial Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Suak Pandan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Sugiono, M.P.P.& Kuantitatif,P(2009). Kuantitatif, Dan RND. Bandung Alfabeta, Cet. VII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.