PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS III SDN

Ikrima Sholehah, Beta Rafita Silalahi

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran media gambar berseri yang layak digunakan dalam mata pelajaran IPS kelas III di SD. Media yang baik akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan mendorong siswa untuk melakukan praktik-praktik yang benar. Media gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang memanfaatkan rancangan gambar sebagai  sarana pertimbangan mengenai kehidupan sehari-hari, misalnya menyangkut manusia, peristiwa, benda, tempat dan sebagainya. IPS merupakan pembelajaran terpadu  seperti yang dijelaskan di atas. Keterpaduan yang dimiiki seperti Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi membuat siswa Sekolah Dasar yang berada pada daerah yang berbeda mengalami kesulitan untuk memahami materi abstrak yang belum mereka ketahui. Materi ini melibatkan ketrpaduan tersebut adalah “jenis-jenis pekerjaan” untuk mengenal jenis-jenis pekerjaan yang berada pada lingkungan geografis, ekonomi, sejarah dan sosiologi yang berbeda maka penelitian merancang media gambar berseri untuk materi jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) teori Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian pengembangan ini yaitu kualitatif, terhadap perhitungan rata-rata hasil angket. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Hasil dari penelitian pemanfaatan media gambar berseri dalam pembelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN 104231 Sugiharjo mencapai hasil yang maksimal dengan kriteria valid. Secara keseluruhan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik selama pelaksanaan dan sesuai dengan harapan dan guru dapat menyampaikan materi dengan mudah.

Kata kunci: Pengembangan, Media Gambar Berseri, Pelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


G. Referensi

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dananjaya, U. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Jakarta: Seri Pencerdasan.

Gay, L.R. 1990. Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Hamalik, O. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pelajaran. Bandung: Sinar Baru. Algesindo.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenedamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.