PENGEMBANGAN E-MODUL LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MA

Muhammad Fahmi Siloto, Rosliana Siregar, Metrilitna Br. Sembiring

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di madrasah aliyah melalui penggunaan e-modul logika matematika berbasis HOTS berbantuan flipbook maker dan menelaah  e-modul logika matematika berbasis HOTS berbantuan flipbook maker yang efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di madrasah aliyah. Pengembangan Perangkat pembelajaran ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa e – modul yang dikembangkan bersifat valid. Hal ini berdasarkan hasil dari enam validator yang berbeda baik dari segi materi, bahasa, dan media dengan skor rata – rata adalah 4,19 dan berada pada kategori valid. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket peserta didik dengan skor rata – rata adalah 4,05 dan berada pada katergori praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan skor rata rata adalah 0,44 dan 0,65 yang termasuk kedalam katergori peningkatan sedang.

 

Kata Kunci : E – Modul, HOTS, Logika Matematika, Flipbook Maker


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Abdul, syahruni Rahmida, dkk 2021. Desain Modul Pembelajaran Matematika Berbasis High Order Thinking Skill Pada Materi Matriks Kelas XI SMA. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M). (Volume 4, Nomor 1): 38 - 49

Abdullah. 2013. Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (Volume 2, Nomor 1) : 66 – 75

Hidayatulloh, Muhammad Syarif. 2016. Pengembangan E – Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang. (Volume 01, Nomor 1) : 24 - 31

Fauzy, Alwan & Puji Nurfauziah. 2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Mulimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika. (Volume 05. Nomor 01) 551 – 561

Hafadh, M, dkk. 2020. Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Selama Pandemic Covid-19 Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains. (Volume 1, Nomor 2) : 64 - 69

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Hasrattuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan : Perdana Mulya Sarana

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Hasyim, Maylita & Febrika Kusuma Andreina. 2019. Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. (Volume 5, Nomor 1) : 55 – 64

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Maharani, Anggiata. 2020. Compulational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7, No.2) : 86 - 96

Maryam, dkk. 2019. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi System Persamaan Linear Dua Variable Kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (Volume 10 Nomor 1) : 1-12

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Noviyanita, Wulan. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Program Linear Kelas X SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 6 Nomor 2 : 41 - 49

Sopamena, Patma. 2018. Matematika dan Era Globalisasi. Jurnal Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon. ISBN 9 786025 185700


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.