Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Angkatan 2021

Nazariah Nazariah, Nasrullah Nasrullah, Cut Indah Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada saat PPL. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Angkatan 2021 yang telah mengikuti mata kuliah Microteaching dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran microteaching terhadap praktek pengalaman lapangan sebesar 0,828.


Full Text:

PDF

References


Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

_____________. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.Hasan.

Hasibuan, J.J, & Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Helmiati. (2013). Microteaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hasmiana. (2015). Kendala yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1: 47.

Najjah, W.I.S. (2014). Pengaruh Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) Mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang”. (Skripsi). Semarang (ID): IAIN Walisongo Semarang.

Permatasari, W.W. (2014). Hubungan Pengalaman dan Pembelajaran Microteaching dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Angkatan 2010. (Skripsi). Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Padmadewi, Ni Nyoman, dkk. (2017). Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers, Cet. Ke-1.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

_________. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_________. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-6.

Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.