BELAJAR DAN MENGAJAR YANG EFEKTIF DI KELAS 6 JABAL RAHMAH 1 SD IT ADZKIA 2 PADANG

Fransisca Tassia, Nurul Hidayah

Abstract


Abstract

Aktifitas belajar mengajar didalam kelas harus menyenangkan dan mengefektifkan kegiatan semaksimal mungkin Selama proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran didalam kelas terkadang proses pembelajaran kurang efektif dilaksanakan oleh guru, hal ini terjadi karena kurangnya fasilitas media pembelajaran yang disediakan sekolah sehingga guru mengalamai kesulitan untuk memberikan penjelasan materi secara maksimal. Bukan hanya pemberian materi secara efektif, tetapi juga guru harus mampu untuk   membimbing serta memberikan motivasi belajar bagi siswa dalam proses pembelajaran didalam kelas. Tentunya dengan adanya peran maksimal dari guru dalam proses pembelajaran dikelas, maka siswa akan bersemangat dalam proses pembelajaran, dan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru pun bisa mudah difahami oleh siswa. Bukan hanya dari sudut pandang guru dalam proses pembelajaran saja, peran siswa pun sangat penting dalam proses pembelajaran didalam kelas, karena siswa yang mau diarahkan dan diatur oleh guru juga akan mempermudah guru dalam mengontrol kelas, sebaliknya, jika siswa dalam proses pembelajaran tidak bisa dikontrol dengan baik oleh guru, maka suasana pembelajaran akan berjalan kurang menyenangkan, karena suasana belajar yang kurang nyaman seperti suasana kelas yang rebut dan siswanya kurang bisa diatur, hal ini akan mengganggu siswa lain yang belajar dengan serius. Dengan adanya control kelas yang baik, maka suasana  pembelajaran di dalam kelas akan nyaman dan menyenangkan. Sehingga ketika guru menyampaikan materi pembelajaran berjalan dengan lancar, karena guru tidak direpotkan lagi dengan mengkodisikan situasi belajar didalam kelas. sehingga pada akhirnya proses pembelajaran bisa efektif dilaksanakan dan tujuan dari pembelajaran dapat dicapai yang berdampak pada hasil belajar siswa yang diharapkan mencapai nilai yang telah di tetapkan pada mata pelajaran.    

Kata-kata kunci: Belajar,mengajar, efektif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anastasi, Anne. 1976. Psycological Testing, fourth edition, New York, Mc. Millan publishing Co., In.

Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Bloom, Benjamin S., et. Al.. 1961, Evaluation to improve learning.New York: Inc., Graw-hill Book Company

Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning. 2005. Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, Dimyati, Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbuddan Rineka Cipta 2009

Elita D. Noegroho. 1982. Aspek-Aspek Afektif Dalam Karakteristik Siswa, Puspen Unika Atma Jaya, Jakarta.

Hamdani MA. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: C.V Pustaka Setia.

Hisyam Zaini, Bernawy Munthe, sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogkarta: CTSD.

Hurlock. 1996. Psikologi Perkembangan ( suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan).Jakarta: Erlangga.

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Mayer, R. E, Multi Media Learning Prinsip-Prinsip Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Mulia, Ensiklopedia Indonesia, W, Van Hoeve, Bandung/

Oemar Hamalik. 1975. Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Rustiyah N. K., 1982. Masalah-MAsalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bina Aksara.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Sadiman, 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Grafindo.

Slameto, 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 1985. Meningkatkan Intelegensi Anak,. Semarang: Suara Merdeka.

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Suke Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grafindo.

Syaiful Sagala. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: alfabeta.

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

W. gulo. 2008. Strategi Belajar-mengajar. Jakarta: Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.