IMPLEMENTASI AKTIVITAS PEMBELAJARAN ASINKRON PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064006 SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Yunita Dewi Daulay, Umar Darwis

Abstract


Abstract

 

Penelitian ini berfokus pada aktifitas pembelajaran asinkron pada siswa kelas V SD Negeri 064006 Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya factor pendukung pembelajaran daring jenis Asinkron pada siswa, sehingga menghambat proses pembelajaran, kualitas jaringan internet yang kurang baik., rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan, dan guru mengalami kesulitan dalam mengukur sejauh mana siswa tersebut paham dengan materi yang diberikan. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif dimana peneliti menggambarkan serta menjelaskan fokus penelitian yang tertuang dalam rumusan masalah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran asinkron yang dilaksanakan hamper dua tahun di sekolah, pelaksanaannya sudah terlaksana cukup baik. Pembelajaran asinkron yang digunakan adalah pembelajaran berbasis internet, dengan menggunakan aplikasi whatsapp sebagai aplikasi penghubung kesiswa. Tugas dikumpulkan melalui system google form. Hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran asinkron adalah proses adaptasi guru dan siswa selama masa pembelajaran, kelemahan lainnya yang didapat selama pembelajaran asinkron berlangsung adalah bahwa luas dan fleksibelnya waktu siswa dalam mengirimkan tugas kepada guru menjadikan proses penilaian menjadi tumpang tindih karena beberapa siswa mengirim tugas lewat dari jam operasional guru bekerja. Faktor pendukung terlaksananya pembelajaran asinkron di UPT SD Negeri 064006 adalah pimpinan yang sangat mendukung kegiatan ini, member fasilitas bagi guru untuk belajar mengenai pembelajaran asinkron, adanya fasilitas komputer yang dapat digunakan serta adanya perangkat wifi.

 

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Asinkron


Full Text:

PDF

References


Referensi

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dessta Putra Wijaya. (2015). Implementasi e-Learning di SMP Negeri 10 Yogyakarta.

Effendi, Empy dan Hartono Zhuang. 2005. e-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Haerul, Haedar Akib dan Hamdan. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume 6, Nomor 2

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harsono.2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta: Bumi Aksara.

Isman. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING).ISBN: 978-602-361-045- 7

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Adiatama.

M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung, Nuansa Cendekia

Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta CV.

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Munir.2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Naditya, Rochyani, Suryono, Agus dan Rozikin, Mochamad. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah (Suatu Studi Di Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Dalam Pelaksanaan Program Bank Sampah Malang (BSM) Di Kelurahan Sukun Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Volume 1, Nomor 6.

Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.