PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN

Rizky Aulia Wulandari, Nur Asyah

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui teknik self management terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMP Swasta Eria Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Eria Medan berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang mendapatkan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku agresif. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Swasta Eria menggunakan perhitungan korelasi product moment kedua variabel layanan informasi teknik self management (X) dan perilaku agresif (Y). Dalam penelitian ini data yang diperoleh menunjukkan bahwa rhitung lebih besar rtabel yaitu 0,490 > 0,361 dan telah mengarah peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini diketahui dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 16,304 > 2,042. Hal ini menunjukkan bahwa layanan informasi teknik self managaement dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang perilaku agresif pada siwa kelasVIII SMP Swasta Eria Medan.

Kata kunci: Layanan informasi,  teknik self management,  perilaku agresif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta : Kanisius

Einstein, Gustav & Endang S.I (2017) “Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Agresif Siswa/Siswi Smk Yudyakarya Mageleng” Jurnal Empati

Hayati, Rini & Indra Syaiful (2018) “Hubungan Marah dengan Perilaku Agresif pada remaja:. Jurnal Edukasi Vol.4

Kartono “Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja yang berasal dari keluarga bercerai dengan keluarga utuh” Jurnal Psikologi Vol 3

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Prayitno, dan Amti Erman. 2013. Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Ratna, Lilis. 2013 Teknik Teknik Konseling. Sleman. Deepublish

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pedidikan. Bandung: Alfabeta, cv

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Suharsimi, Arikunto. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syamaun, Nurmasyithah. 2020. Dampak Pola Asuh Orang Tua & Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Jogjakarta : Ar –Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.