ANALISIS KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA SECARA DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Abidah Abidah, Aklima Aklima

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the readiness of students in the learning process by using digital devices. This study uses quantitative methods with descriptive data analysis techniques. The subjects of this study were students of the PAI STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh study program with a total of 38 people. The quantity of data obtained online by using google form. The results of this study indicate that the average student learning readiness in digital learning during the Covid-19 pandemic obtained a percentage of readiness of 69.4%. This shows that most of the students have good readiness in following the lesson boldly. An effective digital classroom is indispensable in the success of learning objectives.

 

Kata-kata kunci: Learning readiness,online learning, digital era, Covid-19 pandemic.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi PAI STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh dengan jumlah 38 orang. Data kuantitatif diperoleh secara online dengan menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  rata-rata kesiapan belajar mahasiswa dalam pembelajaran secara digital pada masa pandemi Covid-19  memperoleh persentase kesiapan sebesar 69,4 %. Hal itu menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kesiapan yang baik dalam mengikuti pembelajaran daring. Kelas digital yang efektif sangat diperlukan dalam keberhasilan tujuan pembelajaran.

Kata-kata kunci: kesiapan belajar,pembelajaran daring,era digital,pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Allianz Indonesia. (2020). Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi Pada Covid 19, (https://www.allianz.co.id/explore/detail/yuk-pahami-lebih-jelas-arti-pandemi-pada-covid-19101490, diakses 10 September 2021 )

Borotis, S & Poulymenakou, A. (2004). E- Learning Readiness Components: Key Issues to Consider Before Adopting e- Learning Interventions. Paper presented at the E-Learn: World Conference on E- Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2004, Washington, DC, USA. (https://www.learntechlib.org/p/11555, diakses 23 September 2021).

Effendi, H., & Dwiyani, N. ( 2018). Learning Management System Berbasis Cloud Sebagai Alternatif Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11 (2). (http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/146/93, diakses 24 September 2021).

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81–89. (https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369, diakses 16 September 2021).

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 10 (1), 89–102. (http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/68/64, diakses 19 September 2021).

Gikas, J. & Grant, M.. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Researchgate publication, 19 (18-26). (http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002, diakses 20 September 2021).

Hartanto, A. D., & Nurharjanti, M. (2018). Implementasi Teknologi Pembelajaran dan Kelas Digital Untuk SMP Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional seri 8 “ Mewujudkan Masyarakat Madani dan Lestari”. Diseminasi Hasil-Hasil Pengabdian Universitas AMIKOM Yogyakarta.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education, 25 (2). (https://aisel.aisnet.org/jise/vol25/iss2/1/, diakses 22 September 2021)

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO. (https://iite.unesco.org/news/handbook-on-facilitating-flexible-learning-during-educational-disruption/, diakses 22 September 2021).

Intanuari, A M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2020, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kemendikbud. (2020). Cegah Sebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/cegah-sebaran-covid19-di-satuan-pendidikan- kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-solusi-belajar-darin Komalasari, diakses 19 September 2021).

Noviansyah, W & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (1). (https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/522, diakses 21 September 2021).

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 1 (1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Park, S.Y. (2009). An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use E-learning. Educational Technology & Society, 12, 150- -162. (https://www.researchgate.net/journal/Educational-Technology-Society-1436-4522, diakses 28 September 2021).

Pertiwi, RK & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (4), 350-365.

Purnomo, H., & Mansir, F. (2020). Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 2579-4981.

Sari, W, Rifki, A. M, & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 2 (1), 1-13. (https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830, diakses 30 September 2021).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Komunika, 10 (2), 342-362. (http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/view/953, diakses 26 September 2021).

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Silahuddin. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Circuit, 1 (1), 48-59. (https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/circuit/article/view/3 10/286, diakses 27 September 2021).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Smith, P.J, Murphy, K.L & Mahoney, S.E. (2003). Towards Identifying Factors Underlying Readiness For Online Learning: An Exploratory Study. Distance Education, 24 (1), 57-67. (https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.10 80/01587910303043, diakses 20 September 2021).)

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5(1), 61–68.

Yentri Anggeraini, 2019, Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.