PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Budi Kurniawan, Muhammad Halqi, Edy Waluyo

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika SD di Masa Pandemi Covid 19 berbasis pendekatan saintifik. Metode pengembangan bahan ajar matematika SD di Masa Pandemi Covid 19 berbasis pendekatan saintifik menggunakan metode langkah-langkah penelitian pengembangan (Research and development) yang dikembangkan oleh Dick and Carry, biasa dikenal pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan tersebut terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian bahan ajar, dan lembar angket respon siswa terhadap bahan ajar. Hasil penelitian berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media, dan bahasa bahwa, kelayakan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik mendapat nilai validasi yang sangat valid, nilai Kepraktisan bahan ajar matematika SD berbasis pendekatan saintifik oleh guru kelas VI adalah sangat praktis, serta respon peserta didik mencapai 85 %. Hasil nilai respon peserta didik dikonversikan dengan tabel respon peserta didik adalah X > 85 %. Dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap bahan ajar matematika SD berbasis pendekatan saintifik adalah sangat efektif, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 baik cecara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan).

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Matematika SD, Pandemi Covid


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Atkin, J. M., & Black, P. (2003) Ways of knowing in science and mathematics series. New York, NY: Teachers College Press.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: ADDIE Approach. New York: Springer

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakatra: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Indriani, N., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan lembar aktivitas matematika berorientasi pendekatan saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 105-117.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Masithoh, D. (2018). Teachers’ scientific approach implementation in inculcating the students’ scientific attitudes. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 32.

Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis scientific approach siswa sma kelas x pada materi fungi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.