ANALISIS NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN PARA PEREMPUAN di TANAH SERAMBI KARYA RINAL SAHPUTRA

Annim Hasibuan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis nilai moral dalam Kumpulan Cerpen Para Perempuan di Tanah Serambi karya Rinal Sahputra dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kumpulan Cerpen Para Perempuan di Tanah Serambi karya Rinal Sahputra. Berdasarkan hasil nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan dalam cerpen adalah cinta dan rasa ikhlas kepada Tuhan, berbaik sangka kepada Tuhan, rela atas Qada dan Qadar Tuhan, bersyukur atas nikmat Tuhan, bertawakal, senantiasa mengingat Tuhan, melaksanakan perintahnya. Nilai moral dalam lingkup hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari pengendalian diri, harga diri, rasa percaya diri, rasa takut, rasa rindu, rasa dendam, rasa kesepian, memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri, kewajiban terhadap diri sendiri dan sopan santun.  Nilai moral dalam lingkup hubungan manusia dengan sosial terdiri dari berpikir positif, menolong sesama, cinta kasih sejati, membantu yang lemah, tanpa pamrih, saling mengenal. Kumpulan Cerpen Para Perempuan di Tanah Serambi karya Rinal Sahputra dapat menjadi materi bahan ajar di sekolah karena dapat menjadi pedoman untuk mengenal akan peran besar dan perjuangan perempuan dengan didampingi oleh peserta didik. Sehingga nilai moral yang baik dapat diterapkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.

 

Kata-kata kunci: nilai moral, cerpen, pembelajaran sastra


Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Ahyar, J. (2019). Apa itu Sastra. Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis Dan mengapresiasikan Sastra. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Bertens, K. (1997). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, L.D. & Suseno. (2019). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Surat Kabar Suara Merdeka Edisi Bulan Oktober Sampai Desember 2017 Sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI. JPBSI, 8(2) 2019.

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Poespoprodjo, W. (1999). Filsafat Moral: Kesusilaan Dalam Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Grafiti.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Sanjaya, M.D. et al. (2021). Analisis Nilai Moral Dalam Kumpulan Cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R. Ayi Hendrawan Supriadi dan relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5 (1), (2021): 19-24.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.