PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI

Authors

  • Nurlaili Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Al Muslim, Aceh, Indonesia
  • Zulkarnaini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Al Muslim, Aceh, Indonesia
  • Vira Fazira Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Al Muslim, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.778

Keywords:

membaca, pemahaman, complete sentence, video animasi

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman belumlah dimiliki oleh semua siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan hasilnya dengan model complete sentence berbantuan media video animasi. Jenis penilitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data dikumpulkan dari hasil tes, observasi, dan wawancara. Sumber datanya adalah siswa SD Negeri 22 Peusangan yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan kemampuan membaca pemahaman  siswa 62,55% dan pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 87,5%. Persentase kegiatan proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru mencapai 85,38% pada siklus I dan pada siklus II 95,38%. Aktivitas siswa persentasenya mencapai 87,69% pada Siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,61%. Hasil wawancara dengan siswa didapatkan informasi bahwa siswa sangat menyukai, mudah paham pembelajaran dengan model complete sentence berbantuan media video animasi.

Downloads

Published

2023-01-31