KOMIK BANGUN DATAR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Nurmitasari Nurmitasari, Siti Rahayu, Rahman Cahyadi, Tegar Ilham Syahputra

Abstract


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika dalam bentuk komik bangun datar yang layak digunakan pada kelas IV SD N 1 Gadingrejo  Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan langkah-langkah model pengembangan 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop yaitu penilaian ahli. Hasil penelitian ini adalah rata-rata skor yang diperoleh dari ahli media adalah 4,5 yang menunjukkan dalam kategori sangat baik dan rata-rata skor yang diperoleh dari ahli materi adalah 4,68 yang menunjukkan kategori sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah media pembelajaran komik bangun datar sebagai inovasi pembelajaran matematika layak untuk digunakan pada kelas IV SD

 

Kata-kata kunci: Komik Bangun Datar, Inovasi Pembelajaran, Matematika, Model Pengembangan 4-D

Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Pohan, A. E. (2020) Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah : Sarnu Untung

Daulay, M. I. (2017) Developing Social Science-History’s Comics- Based Learning Media For The Fifth Grade School In Pekanbaru City. International Journal of Research in Counseling and Education 01(01). 15-21

Ntobuo, N. E., Arbie, A., Amali, L. N. (2018) the Development Of Gravith Comic Learning Media Based On Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2). 247-251

Nurdin, E, Saputri, I. Y, Kurniati, A. (2020). Development Of Comic Mathematics Learning Media Based On Contextual Approuches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 8(2). 85-97

Reumont, F.V, & Budke, A. (2020). Strategies For Successfull Learning With Geographical Comics : An Eye-Tracking Study With Young Learners. Education siences 10(293). 1-27

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.