PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI MIS NURUL FALAH

Tb. Endayani, Armanisah Armanisah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV di MIS Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif data yang terkumpul dalam penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Populasi penelitian siswa kelas IV MIS Nurul Falah sebanyak 42 siswa, yang terbagi menjadi dua yaitu kelas IVA terdiri dari 21 siswa dan kelas IVB terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik dengan menggunakan metode one group pretest dan postest design dengan  instrumen  penelitian  menggunakan  tes  dan  lembar  angket.  Kriteria kualitas tes menggunakan daya beda butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan cara membandingkan nilai rerata prestasi belajar IPS dari kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  prestasi  belajar  IPS antara  kelompok  eksperimen   dan  kontrol   di  mana   nilai   rerata  kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai  rerata  pada  kelompok  eksperimen  sebesar  rerata  pretest  74,8  dan  rerata postest 82,7 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar rerata pretest 71 dan rerata postest 72,4 dan berdasarkan hasil respon siswa kelompok eksperimen sebesar 86% dan kelompok kontrol 76% dan nilai N-Gain kelompok eksperimen terdapat yang rendahnya 57% dan terdapat perbedaan nilai pada kelompok kontrol nilai rendah sebesar 76% dan sedang sebesar 23%.

Kata Kunci: keterampilan guru, pengelolaan kelas, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru, Surabaya: Insan Cendekia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Prenada media.

Kadir, St. Fatimah. Keterampilan Mengelola Kelas,Jurnal al-Ta’dib, Vol. 7 No. Juli- Desember 2006

Semiawan, Conny., Dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan , Jakarta: Grasindo.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Sri Anitah Wiryawan & Noorhadi. 2001. Strategi belajar mengajar.Jakarta Pusat: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif , Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Produser penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Syaefudin Udin ,Suad. 2011. Pengembangan Profes,Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.