IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA TINGKAT I INSTITUT KESEHATAN PRIMA NUSANTARA BUKITINGGI DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Abstrak : Penelitian ini berlatar belakang penerapan pembelajaran daring di masa pandemi. Tujuan penelitian ini guna menggambarkan implementasi dan adanya hambatan ketika melaksanakan sistem pendidikan berbasis online yang diterapkan pada masa pandemi, terutama dari sisi peserta didik. Penelitian ini digunakan metode studi literatur dengan pengumpulan data berupa pengisian rubric dan dengan melacak berbagai sumber data yang mengandung pembahasan terkait dengan fokus masalah yang diteliti atau biasa disebut studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Solusi pembelajaran dimasa pandemi ini adalah pembelajaran dengan media daring. Terdapat beberapa hambatan terkait penerapan pembelajaran daring pada saat pandemi, baik hambatan dari segi sarana dan prasarana pendukung hinggga akses informasi yang tersedia.
Kata Kunci: pembelajaran dalam jaringan, pemahaman mahasiswa, pandemi Covid-19
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amaluddin, D, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru : Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Jurnal Pendidikan. Vol.x No.1
Enriquez, M. A. S. 2014. Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo asa Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO97811 0 7415324.004
Gikas, J. and M. M. Grant. 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education 19: 18-26.
Giuffrida A, Tondo L, Beaumont P. 2020. Italy orders closure of all schools and universities due to coronavirus.Italy:The Guardian.
Korucu, A. T., & Alkan, A. 2011. Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m- learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.20190 1 0107
Lindzon J. 2020. School closures are starting, and they'll have far- reaching economic impacts. Fast Company.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. 14(2).
Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.
Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. 2007. Seven problems of online group learning (and their solutions). Educational Technology and Society. https://doi.org/10.1111/j.2151- 6952.1960.tb01699.x
So, S. 2016. Mobile instant messaging support for teaching and learning in highereducation. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.201 6.06.001
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation. 2020. 290 million students out of school due to COVID-19: UNESCO releases first global numbers and mobilizes response. Paris:Author.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation. 2020. Adverse consequences of school closures. Paris:Author
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.