Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD

Nafla Nabiila, Reinita Reinita

Abstract


Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengaruh pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang dijadikan sebagai populasi sampel penelitian, yang diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling. Pada penelitian ini kelas eksperimen adalah SDN 04 Pauh Kelas V, sedangkan kelas kontrolnya adalah SDN 08 Pisang Kelas V. Jumlah peserta didik pada setiap kelas adalah 27 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t, maka diperoleh thitung = 2,7304 dan ttabel = 2,0066 menggunakan taraf nyata 0,05. Dengan demikian  thitung > ttabel yaitu 2,7304 > 2,0066. Maka, dapat ditarik disimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang.

Kata-kata kunci: Listening Team, Hasil Belajar, Tematik Terpadu

 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anggraenii, F. M., Farida, N. K., & Arnelia, D. Y. (2019). PenerapaniModel Pembelajaran0Listening Team0Untuk Meningkatkan0Berfikir AplikatifiIPA SiswaiSeminar Nasional PGSD UNIKAMA 3, 172-183

Audina,iW., &iReinita. (2019).iPenggunaan ModeliValue0Clarification Technique0(Vct) Percontohan0Untuk Meningkatkan0Proses Pembelajaran0Tematik Terpadu0Di Kelas0IV SekolahiDasar. Jurnal Bahana0Manajemen0Pendidiikan,8(2),61-70.0https://doii.org/10.2403 6/bmp.v8i2.104841

Fathurrohmani,iM. (2015).iModell-Model0Pembelajaran Inovatif:0Alternatif DesainiPembelajaran yangiMenyenangkan. Jogjakarta:iAr-RuzziMedia

Fitrah,0M & Arwin. (2020). PeningkataniProses PembelajaraniTematik TerpaduiMenggunakan ModeliCooperative LearningiTipe Group Investigationidi SekolahiDasar. Journal of Basic Education Studies. 4(1), 459-476

Hajar, S., & Elfia, S. (2020). ImplementasiiModeliStudent Facilitatoriand Explainingipada PembelajaraniTematikiTerpadu diiSD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 324–339.

Ibrahim. (2017). PerpaduaniModel PembelajaraniAktif Konvensional (Ceramah)idengan Cooperatifi(Make-a Match) untukiMeningkatkan HasiliBelajar PendidikaniKewarganegaraan. SuaraiGuru: JurnaliIlmu PendidikaniSosial, Sains,iDan Humaniora,i3(2), 199–212.

Istarani.i(2015). 58iModel PembelajaraniInovatif. Medan:iMediaiPersadaa

Kurniawan,iH. R.,iElmunsyah, H.,i& Muladi,iM. (2018).iPerbandingan PenerapaniModel PembelajaraniProject BasediLearning (PJBL)idan ThinkooPair Shareoo(TPS) BerbantuanooModul AjarooTerhadap Kemandirian danooHasil BelajarooRancang BangunooJaringan. JurnaloPendidikan (TeoriiiDan Praktik),i3(2),i80. httpss://doi.org/10.. 26740/jp.v3n2..p80-85.

Maharani, R.iiA., & Reinita. (2020). PenerapanoModel KooperatifoTipe CourseoReview Horayoterhadap AktivitasoBelajar PesertaoDidik (StudioLiteratur). Jurnall0Pendidikan Tambusai,oo4(2), 1540–1551. https:s://jptam.org/iindex.php./jptamm/article/view//619i

Muthmainna & Juliana. (2017). PengaruhiPenggunaan Model Pembelajaran ListeningoTeam TerhadapoKemampuan BerpikiroKritis SiswaiKelas VIIoSMP Negerio4 Bireuen. Variasi:oMajalah IlmiahoUniversitas Almuslim. 9(3), 22-26

Pujimulyati, N. N. (2020). UpayaiMeningkatkan MotivasiiDan Hasil Belajar PadaiTema 8i(LingkunganiSahabat Kita) PesertaiDidik KelasiV SemesteriDua Tahuni Pelajaran 2018/2019 Dengani Menerapkan Modelo“Listening Teamso(Tim Pendengar)oDi SDoNegeri 7 Cakranegara”. JurnaliIlmiah MandalaiEducation. 6(1), 27-35

Reinitaa.ii(2013). ModeliiListeniing Teamm.iiJurnall IIlmiahiiIIlmuiiPendidiikan, XIII.(1),i34–39.

Reinita & Muhamad. T. H. (2019).iiPelatiihan ModeliilPembellajaran KooperatifiiiTipe ListeningiiTeam BagiiiiGuru SekolahiiiDasar KecamataniiTanjung MutiarauKabupaten Agam.iJurnal ABDINUS: JurnaliPengabdian Nusantara.i2(2), 227-235

Sari,iI. M.i(2015).i23 PenggunaaniModel ListeningiTeam SebagaiiSarana MeningkatkaniKemampuan BertanyaiPada PembelajaraniIPAiSiswa KelasooX SMKiiYP 17-2ooMadiun. Florea :iiJurnal BiologiiiDan Pembelajarannya,ii2(1), 23–28.iihttps://doii.org/10.25273/florea.v2i1. 402i


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.