Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD

Nafla Nabiila, Reinita Reinita

Abstract


Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengaruh pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang dijadikan sebagai populasi sampel penelitian, yang diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling. Pada penelitian ini kelas eksperimen adalah SDN 04 Pauh Kelas V, sedangkan kelas kontrolnya adalah SDN 08 Pisang Kelas V. Jumlah peserta didik pada setiap kelas adalah 27 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t, maka diperoleh thitung = 2,7304 dan ttabel = 2,0066 menggunakan taraf nyata 0,05. Dengan demikian  thitung > ttabel yaitu 2,7304 > 2,0066. Maka, dapat ditarik disimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang.

Kata-kata kunci: Listening Team, Hasil Belajar, Tematik Terpadu

 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anggraenii, F. M., Farida, N. K., & Arnelia, D. Y. (2019). PenerapaniModel Pembelajaran0Listening Team0Untuk Meningkatkan0Berfikir AplikatifiIPA SiswaiSeminar Nasional PGSD UNIKAMA 3, 172-183

Audina,iW., &iReinita. (2019).iPenggunaan ModeliValue0Clarification Technique0(Vct) Percontohan0Untuk Meningkatkan0Proses Pembelajaran0Tematik Terpadu0Di Kelas0IV SekolahiDasar. Jurnal Bahana0Manajemen0Pendidiikan,8(2),61-70.0https://doii.org/10.2403 6/bmp.v8i2.104841

Fathurrohmani,iM. (2015).iModell-Model0Pembelajaran Inovatif:0Alternatif DesainiPembelajaran yangiMenyenangkan. Jogjakarta:iAr-RuzziMedia

Fitrah,0M & Arwin. (2020). PeningkataniProses PembelajaraniTematik TerpaduiMenggunakan ModeliCooperative LearningiTipe Group Investigationidi SekolahiDasar. Journal of Basic Education Studies. 4(1), 459-476

Hajar, S., & Elfia, S. (2020). ImplementasiiModeliStudent Facilitatoriand Explainingipada PembelajaraniTematikiTerpadu diiSD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 324–339.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Ibrahim. (2017). PerpaduaniModel PembelajaraniAktif Konvensional (Ceramah)idengan Cooperatifi(Make-a Match) untukiMeningkatkan HasiliBelajar PendidikaniKewarganegaraan. SuaraiGuru: JurnaliIlmu PendidikaniSosial, Sains,iDan Humaniora,i3(2), 199–212.

Istarani.i(2015). 58iModel PembelajaraniInovatif. Medan:iMediaiPersadaa

Kurniawan,iH. R.,iElmunsyah, H.,i& Muladi,iM. (2018).iPerbandingan PenerapaniModel PembelajaraniProject BasediLearning (PJBL)idan ThinkooPair Shareoo(TPS) BerbantuanooModul AjarooTerhadap Kemandirian danooHasil BelajarooRancang BangunooJaringan. JurnaloPendidikan (TeoriiiDan Praktik),i3(2),i80. httpss://doi.org/10.. 26740/jp.v3n2..p80-85.

Maharani, R.iiA., & Reinita. (2020). PenerapanoModel KooperatifoTipe CourseoReview Horayoterhadap AktivitasoBelajar PesertaoDidik (StudioLiteratur). Jurnall0Pendidikan Tambusai,oo4(2), 1540–1551. https:s://jptam.org/iindex.php./jptamm/article/view//619i

Muthmainna & Juliana. (2017). PengaruhiPenggunaan Model Pembelajaran ListeningoTeam TerhadapoKemampuan BerpikiroKritis SiswaiKelas VIIoSMP Negerio4 Bireuen. Variasi:oMajalah IlmiahoUniversitas Almuslim. 9(3), 22-26

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Pujimulyati, N. N. (2020). UpayaiMeningkatkan MotivasiiDan Hasil Belajar PadaiTema 8i(LingkunganiSahabat Kita) PesertaiDidik KelasiV SemesteriDua Tahuni Pelajaran 2018/2019 Dengani Menerapkan Modelo“Listening Teamso(Tim Pendengar)oDi SDoNegeri 7 Cakranegara”. JurnaliIlmiah MandalaiEducation. 6(1), 27-35

Reinitaa.ii(2013). ModeliiListeniing Teamm.iiJurnall IIlmiahiiIIlmuiiPendidiikan, XIII.(1),i34–39.

Reinita & Muhamad. T. H. (2019).iiPelatiihan ModeliilPembellajaran KooperatifiiiTipe ListeningiiTeam BagiiiiGuru SekolahiiiDasar KecamataniiTanjung MutiarauKabupaten Agam.iJurnal ABDINUS: JurnaliPengabdian Nusantara.i2(2), 227-235

Sari,iI. M.i(2015).i23 PenggunaaniModel ListeningiTeam SebagaiiSarana MeningkatkaniKemampuan BertanyaiPada PembelajaraniIPAiSiswa KelasooX SMKiiYP 17-2ooMadiun. Florea :iiJurnal BiologiiiDan Pembelajarannya,ii2(1), 23–28.iihttps://doii.org/10.25273/florea.v2i1. 402i


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.