MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUAK GEUDUBANG KECAMATAN SAMATIGA

Dian Kristanti, Pia Yunidar

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran ang dapat meningkatkan kreativifitas siswa pada materi bangun datar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri Suak Geudubang Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian berjumlah sebanyak 9 orang yang terdiri dari  4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Suak Geudubang Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Waktu penelitian pada bulan September 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: tes, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar soal tes, lembar observasi, dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa pada siklus I sebesar 62,22% dan siklus II  sebesar 86,67%.

 

 

Kata Kunci: Kreativitas, Contextual Teaching and Learning, siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurhadi. 2012. Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Bandung: UM Press.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusgianto. 2012. Contextual Teaching Learning. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.