UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 PANTE CEUREUMEN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Dedy Iskandar Nasution

Abstract


ABSTRAK

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pante Ceureumen semester genap tahun pelajaran 2020-2021 pada meteri getaran dan gelombang melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari sampai dengan bulan April 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dengan jumlah 33 (tiga puluh tiga) siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah materi getaran dan gelombang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) kali tindakan.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, obeservasi, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, dan selanjutnya membandingkan dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII-A pada siklus I adalah sebesar 72,73% dan siklus II adalah sebesar 87,88%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,15%. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah sebesar 71,67% dan siklus II adalah sebesar 81,25%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,58%. Selanjutnya persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 74,29% dan siklus II  sebesar 85,71%, terjadi peningkaan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pante Ceureumen tahun pelajaran 2020-2021 pada pokok bahasan getaran dan gelombang.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Discovery Learning.


Full Text:

PDF

References


E. DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2008), Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta

. (2009), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rieneka Citra. Jakarta.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Bandung

Herlina. 2010. Minat Belajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Ilahi, M.T. 2012. Pembelajaran discovery strategi dan mental vocational skill. Diva press. Jogjakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Putrayasa, I Made. 2014. Kalimat Efektif. Refika Aditama:Bandung.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press: Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Sudjana, A. 2014. Pendidikan IPA, Rizqi Press.

Suhardjono, (2009), Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Inonesia

Suprijono, Agus 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasin PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Solihatin, Etin dan Roharjo. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. Jakarta.

Syah, Muhibbin, M.Ed. 2003. Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada : Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.