MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 20 KARANG ANYAR

Yunita Sipahutar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM siswa kelas V SD Negeri 20  karang Anyar kecamatan pangkatan labuhanbatu 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi pecahan pokok bahasan perkalian pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada materi pecahan pokok bahasan perkalian pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM siswa kelas V SD Negeri 20 karang anyar , labuhan batu. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 53,00 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,9%, (2) rata-rata nilai evaluasi akhir siklus I sebesar 77,71dengan persentase ketuntasan sebesar 68,6%, (3) rata-rata nilai evaluasi akhir siklus II sebesar 82,61 dengan persentase ketuntasan 90,8%.

 

Kata-kata kunci: hasil belajar matematika materi pecahan, penerapan pendekatan  PAKEM


Full Text:

PDF

References


Aksha, M., dan Shaleh. 2017. Peningkatan Peserta Didik Dalam Memahami Konsep Penjumlahan Pecahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kertas Lipat. Lentera, 1(2): 9-12.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

C. Asri Budiningsih. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, I.M.A., Suarjana, I.M., dan Suartama, I.K. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri 1 Banjar Bali. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-10

Dasim Budimansah, Suparlan, dan Danny Meirawan. (2009). PAKEM Pembelajaran Aktif, Efektif, Kreatif, dan Menyenangkan. Bandung: Genesindo.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: ArRuzz Medi.

Gatot Muhsetyo, dkk. (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Handayani, H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1): 142-149.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Jasa Ungguh Muliawan. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Gava Media.

Kasihani, Kasbolah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.

Masnur Muslich. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.

Masykur Ali, dkk. (2010). Pintar Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar semester Kedua. Bogor: Yudhistira.

Mawaddah, S dan Ratih M. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 76 – 85.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Presiden Republik Indonesia. Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Peserta didik Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1):16-25

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Suharsimi Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

________________. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wanabuliandari, S, Sekar, D.A, dan Susilo R. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. EduMa, 5(2): 34-41.

Wijaya, A. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuliana, E. 2017. Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Jurnal Pendidikan, 8(1): 35-43.Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.