PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INDONESIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Husniyatun Husniyatun, Khirjan Nahdi, Mohzana Mohzana

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Bahasa Indonesia Berbasis Keterampilan Proses dan efektivitas penggunaannya terhadap kemandirian belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan ialah model Four-D yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek digunakan 36 orang siswa kelas IV SDN 2 Aikmel Timur. Instrument pengumpulan data meliputi lembar validasi pengembangan LKPD, angket kemandirian belajar, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi LKPD yang dengan menggunakan validator media, materi, kebahasaan, dan uji coba user. Penilaian produk oleh ahli media, dengan nilai prolehan 113 dengan rata-rata 4,3 berada pada interval 91,8 < X ≤ 113,4 dengan kategori baik. Penilaian produk oleh ahli materi, dengan nilai prolehan 60 dengan rata-rata 3,5 dan berada pada interval 57,8< X ≤71,3 dengan  kategori baik. Penilaian produk oleh ahli kebahasaan, dengan nilai prolehan 53 dengan rata-rata 4,4 dan berada pada interval X> 50,4 dengan kategori sangat baik. Prolehan nilai kemandirian belajar siswa memproleh 469 dengan persentase 92%  dengan kategori kemandirian tinggi, dan prolehan nilai respon siswa dengan nili 668 dengan persentase 92,2% dengan kategori sangat merespon. Berdasarkan hal tersebut pengembangan LKPD Bahasa Indonesia berbasis keterampilan proses sangat efektif digunakan untuk membangun kemandirian berlajar siswa.

 

Kata-kata kunci: bahasa Indonesia, LKPD, keterampilan proses


Full Text:

PDF

References


Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan; Tinjau Dari Dimensi Makropedagogis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muslimah, M. M. Arifuddin Jamal. Misbah (2017). Meningkatkan Kemandirian belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pengajaran Langsung. Seminar Nasional Pendidikan Moment Of General Physics Education 2017. Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat. Diakses pada http://eprints.ulm.ac.id/5719/1/2c.%20Prosiding%20SNPF%202017_1%20%28nomor%203%29.pdf.ISBN 978-602-6483-28-7.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada LKPD Group.

Supriyati. (2013). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Veteran Semarang, 1(1): 44-57.

Sukmadinata, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Yusnaeni, Herawati Susilo, A.D. Corebima, Siti Zubaidah (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian belajar Kognitif Pada Pembelajaran Search Solve Create And Solve Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016. Diakses padahttps://www.researchgate.net/profile/siti_zubaidah5/publication/322315783_hubungan_kemampuan_berpikir_kreatif_dan_hasil_belajar_kognitif_pada_pembelajaran_search_solve_create_and_solve_di_sma/links/5a539db2aca2725638c858d4/hubungan-kemampuan-berpikir-kreatif-dan-hasil-belajar-kognitif-pada-pembelajaran-search-solve-create-and-solve-di-sma.pdf. ISBN: 978‐602‐0951‐11‐9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.