Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Grampose (Di Pondok Pesantren Babun Najah )

Nurmainiati Nurmainiati, Fadhliatul Ghina

Abstract


Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran daring pada pelajaran Grampose selama pandemi covid-19 di Pondok Pesantren Babun Najah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskritif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa pada akhir semester. Populasi sebanyak 143 siswa yang terbagi ke dalam 6 kelas. Subjek penelitian melibatkan 3 kelas (X-Mia2, X-Mia4 dan X-IIS2) siswa laki-laki sebanyak 70 orang. Pembelajaran daring dilakukan melalui WhatsApp Group dan Zoom Meet.  Hasil penelitian ditemukan bahwa 43 siswa (61.45%) tidak terkendala signal dalam proses pembelajaran. 63 siswa (90%) mahir menggunakan internet dan aplikasi Whats APP Group dan Zoom Meet. 57 siswa (81.42%) bahwa jaringan internet di daerah mereka lancar dan koneksinya bagus dan mereka mengetahui cara mengakses pembelajaran daring. 52 (74.28%) siswa mengatakan komunikasi antara guru dan siswa berjalan dengan baik. 48 (68.57%) siswa bahwa diskusi daring antara mereka dan guru pengajar Grampose berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 68 (97.14%) siswa lebih tertarik belajar di kelas karena bisa berinteraksi langsung dengan guru dan teman. 40 (57.14%) siswa tertekan karena tugas yang diberikan terlalu banyak. 41 (58.57%) siswa sering tidak sempat membaca bahan ajar. 49 (70%) siswa lebih memahami bahan ajar yang berbentuk video. 33 (47.14%) siswa kurang konsentrasi belajar dengan Whatapp dan Zoom Meet. 68 (97.14%) siswa memiliki kuota terbatas dan sekolah tidak perlu memberikan pelatihan tentang pembelajaran daring. 65(92.85%) mereka tidak memiliki cukup waktu bertemu teman, dan 61 (87.14%) siswa lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dari pada belajar.

Kata-kata kunci: Respon Siswa, Pembelajaran Daring, Grampose.


Full Text:

PDF

References


G. Daftar Pustaka

Bhagaskara, A.E, DKK. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Whatspp di SD YAPITA. ZAHRA: Research and Though Elementary School of Islam Journal. Vol. 2. No.1. Hal. 13-23.

Haqien, D & Rahman, AA. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5. No. 1. Hal. 51-56.

Lestari, W. (2021). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id.Diakses tanggal 06 April 2021.

Nurmainiati & Ghinna, F. (2021). Efektivitas Metode TPR dalam Pengajaran Bahasa Inggris Dasar Kepada Para Nelayan di Desa Bluka Teubai Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. Jurnal Genta Mulia. Vol. XII. No. 1. Hal. 176-186.

Padli, F & Rusdi. (2020). Respon Siswa Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Social Landscape Journal. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Negeri Makasar. e-ISSN: 2721-236X.

Puspaningtyas, ND and Dewi, PS. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 3. No. 6. Hal. 703-712.

Putra, NP. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom dan Whatsapp Group di Era New Normal pada Warga Belajar Paket C DI Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. Jurnal JUPSINDO. Vol. 7. No. 2. Hal. 162-176.

Ramadhani (2020). Analisis Kecemasan Belajar Siswa /Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. Journal of Education. Vol.1 No.1. Hal. 1-28.

Sofyana, L & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whattsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PDRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Informatika. Vol. 8. No. 1. Hal.81-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.