MENANGGAPI CARA PEMBACAAN PUISI DENGAN PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN NILAI SISWA KELAS X MIA2 SEMESTER GENAP DI SMAN 1 KUALA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari cara pembacaan puisi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari cara pembacaan puisi dengan penerapan model TGT pada siswa kelas X SMAN 1 Kuala Tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X Mia2 SMAN 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya Tahun 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sistem siklus  yaitu diawali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada keadaan awal penelitian ini dengan nilai belajar siswa diperoleh nilai ketuntasan yaitu 20,00%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal adalah 35,00% dan pertemuan 2 diperoleh nilai ketuntasan secara klasikal 60,00%.  Siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan 1 dengan diperoleh nilai ketuntasan sebesar 70,00% dan terus meningkat pada pertemuan 2 menjadi 80,00%. Dan nilai ini menunjukkan kategori Baik.


Full Text:

PDF

References


Ade Rukmana. (2006). Pengelolaan Kelas. Bandung. UPI PRESS.

Burdiningarti. (1998). Metode Penelitian. (www. damandiri.or.id/file/yusufunsbab3. pdf diakses 27 Juni 2009).

Depdiknas. (2003). Kriteria Taraf Keberhasilan. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Drijarkara. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Istiqomah. (2006). Metode-metode Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Sensor dan Aktuator untuk SMk/ SMA Kelas XI Semester 1. Malang: PPPPTK BOE Malang.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Slavin. (2001). Cooperative Learning. Maryland: John Hopkins University.

Sudijono. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C.V. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.