PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DALAM MASA PANDEMI LEWAT PEMBELAJARAN ONLINE

Tampilen Tampilen, Sri Kunarsih

Abstract


Covid-19 atau Coronavirus Diseases 2019 yang terjadi pada awal tahun 2020 telah membawa dampak pada berbagai sektor kehidupan manusia, tidak terkecuali bidang pendidikan. Sejak Maret 2020, penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan dan menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan pemerintah seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mengurangi tingkat penyebarannya virus Covid-19 di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan guru dan peserta didik merubah pola belajar-mengajar. Salah satu bentuk adaptasinya melalui pembelajaran secara online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif ntuk membangun pengetahuan melalui pemahaman dengan menyelidiki suatu fenomena sosial. Pembelajaran online dapat dikolaborasi dengan pembelajaran tatap muka, pertama, siswa datang langsung ke sekolah untuk mengumpulkan tugas, kedua, siswa masuk ke sekolah dengan jadwal bergantian.

 

 


Full Text:

PDF

References


Freire, Paulo. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning. Undiksha journal.

Mulyono, & Muardi, I. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Yogyakarta: Gawe Buku.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43. Google Scholar

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo.

Uno, H B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and LongTerm Visions.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.