PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMK PRAMA ARTA KABUPATEN SIMALUNGUN

Resmi Resmi, Lili Tansliova

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Penerapan Model  Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di SMK Prama Arta Kabupaten Simalungun. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essay  untuk mengukur kemampuan menulis teks eksposisi siswa dengan dan tanpa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw. Peneliti menggunakan pretest dan postest untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus Deskripsi Korelasi Product Moment. Setelah memperoleh hasil analisis data penelitian, maka selanjutnya dilakukan pembuktian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima kebenarannya atau ditolak dengan menggunakan uji tes (uji “t”). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test menulis teks eksposisi siswa sebesar 69.9. Setelah penerapan model kooperatif tipe jigsaw, rata – rata nilai post tes kemampuan menulis teks eksposisi siswa mengalami peningkatan yakni dengan nilai rata – rata 85,4. Selanjutnya diperoleh nilai korelasi sebesar 0, 71 dan berdasarkan uji t juga diperoleh t  hitung sebesar 8,31 dan t tabel sebesar 2,00. Maka nilai t hitung yang lebih besar dari t table tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Hal ini berarti bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi di SMK Prama Arta Kabupaten Simalungun

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah,Ramli. (2017). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah.” Lantanida Jurnal. Vol.5. No 1, 2017.

Agus Suprijono. 2015. Cooperative

Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Budiani, Sri Avrianita. (2018). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan menggunakan Metode Brainwriting.” Paedagogie. Vol.13, No.1, 2018.

Damanik, Elviana dan Lili Tansliova. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Artikulasi v. 9, n.1, p 41-47 e-ISSN 2302-6545 p-ISSN 2620-4886. Dapat diakses pada http://usi.ac.id/jurnal/index.php/artikulasi/article/view/203

Dewi, Andi Susi Suriana Puspita. (2016). “Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan.” Jurnal Humanika No.16,Vol.1,2016.

Gajah, Kittin Rohmadearni dan Lili Tansliova. 2020. Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Jurnal Artikulasi v. 9, n.2, p 64-74 e-ISSN 2302-6545 p-ISSN 2620-4886. Dapat diakses pada http://usi.ac.id/jurnal/index.php/artikulasi/article/view/402/546

Hamdayana, Jumanto. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif, Jakarta: Ghalia Indonesia

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Keraf Goyrs. 2017. Eksposisi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Lestari,K,E, & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika,

Bandung: PT Refika Aditama.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Resmi dan Lili Tansliova. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. JIPIS : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, v. 29, n. 2, p 106-111 e-ISSN 2686-0147 p-ISSN 0216-2830. Dapat diakses pada http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/574 doi :https://doi.org/10.33592/jipis.v29i2.574

Riduwan, 2014. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Riduwan, 2015. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Rusman, 2014. Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme

Guru, Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Saddono Kundharu, Slamet. 2015. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Suprihatin. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil BelajarStudi Masyarakat Indonesia Mahasiswa.” Jurnal Promosi, Vol.5. No.1, 2017.

Tansliova, Lili dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan v.11, n. 2. P 119-129 ISSN 2301-6671. Dapat diakses pada https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/457


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.