PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFF LINE DI SDIT ADZKIA PADANG

Fransisca Tassia, Nurul Hidayah

Abstract


Dalam mengatasi aktifitas pembelajaran dimasa pandemic covid 19 masing- masing sekolah  berusaha untuk meyiasati proses pembelajaran agar berjalan dengan baik untuk tercapainya tujuan dari pembelajaran. SDIT Adzkia Padang kelas VI pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu sekolah yang menerapkan system pembelajaran shif, yaitu dengan system pembelajaran online dan off line. Dimana dalam system pembelajaran peserta didik SDIT Adskia Padang kelas VI dengan jumlah 1 siswa 30 dalam 1 kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Dalam proses pembelajarannya 1 kelompok belajar 3 hari didalam kelas dan kelompok yang lain tetap belajar  tetapi dalam proses pembelajaran mereka mengikuti pembelajaran secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Setelah 3 hari atau 3 kali pertemuan akan bergantian dimana kelompok siswa yang menghadiri pembelajaran secara online akan belajar secara offline di ruang kelas. Diharapkan adanya system pembelajaran dengan pembagian kelas seperti ini bisa menjadi alternative dalam penyampaian materi pembelajaran kelas VI pada mata pelajaran matematika agar tujuan dari pembelajaran matematika tercapai, pembelajaran dengan system online dan offline ini juga bertujuan untuk memantapkan persiapan siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika dalam menghadapi ujian akhir sekolah.

                  Dengan system pembelajaran online dan offline ini pada  kelas VI mata pelajaran matematika di SDIT Adzkia mendapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran walaupun mereka dibagi menjadi 2 kelompok belajar, sehingga peserta didik pembelajaran  tetap semangat dalam proses pembelajaran menyelesaikan dapat meyelesaikan pekerjaan rumah  yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Dari temuan tersebut penulis menyimpulkan bahwa dengan adanya system pembelajaran online dan offline sangat membantu guru dan peserta didik kelas VI mata pelajaran matematika di SDIT Adzkia  dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga kendala yang dihadapi dalam proses pemebalajaran dapat sampaikan oleh peserta didik dan bisa diatasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar, menyenangkan dan peserta didik dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran online dan offline.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

AEcT. 1986. Devinisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: PAU-UT dan C.V. Rajawali.

anastasi, anne. 1989. Bidang-Bidang Psikologi Terapan (Terjemahan Aryatmi Siswaharjo,dkk). Jakarta: Rajawali Press

Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Biggs, John B. & tlfer, Roos. 1987. The The Proses Of Learning. Sydney: Prentice-Hall Of Australia Pty Ltd.

Bloom, Benjamin S., et. Al.. 1961, Evaluation to improve learning.New York: Inc., Graw-hill Book Company

Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005

Dimyati, Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbuddan Rineka Cipta 2009

Hamdani MA. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: C.V Pustaka Setia.

Hisyam Zaini, Bernawy Munthe, sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogkarta: CTSD.

Hurlock. 1996. Psikologi Perkembangan ( suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan).Jakarta: Erlangga.

Isjoni. 2007. Cooperatif Learning.Bandung: Alfabeta.

Kubicek, P. John. 2005. “Inquiri based learning, the nature of science, and computer technology:New possibilities in science education”. Canadian Journal of Learning and Technology. Vol 31 (1). Page : 1-5.

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayer, R. E, Multi Media Learning Prinsip-Prinsip Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sadiman, 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Grafindo.

Ratna Wilis Dahar. 1989. Teorit-eori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Sumadi Suryabrata. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Grafindo Perkasa.

Suke Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grafindo.

Syaiful Sagala. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: alfabeta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

W. gulo. 2008. Strategi Belajar-mengajar. Jakarta: Grafindo.

Wikipedia. Multimedia: http://en.wikipedia.org/ (diakses 22 Juli 2010)

Wikipedia. Multimedia: http://en.wikipedia.org/ (diakses 20 Desember 2020)

Wikipedia. Multimedia: http://en.wikipedia.org/ (diakses 15 November)

Wina.2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kharisma Putra Utama.

Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Www. Artikel bagus.com (diakses 20 april 2013)

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah: Teori, Strategi Dan Prosedur. Jakarta: PSAP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.